Kompas.com - 08/10/2021, 08:02 WIB
Salah satu manfaat jalan kaki untuk menurunkan berat badan adalah membakar lebih banyak kalori. SHUTTERSTOCKSalah satu manfaat jalan kaki untuk menurunkan berat badan adalah membakar lebih banyak kalori.

KOMPAS.com - Kurangnya beraktivitas fisik, terutama olahraga menjadi pola hidup yang pertama dapat memicu potensi penyakit jantung di kemudian hari.

Akan tetapi, kelebihan aktivitas fisik juga tidak diperbolehkan. Untuk itu, Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah Primaya Hospital Bekasi Barat, dr Fachmi Ahmad M SpJP  mengatakan, kita tidak boleh sembarangan memahami persoalan olahraga ini.

Fachmi berkata, keterkaitan antara kurang beraktivitas fisik dengan penyakit jantung ini sangat erat.

Hal ini dikarenakan, jika tubuh kurang rutin berolahraga dan melakukan aktivitas fisik lainnya, maka individu tersebut akan mengalami kelebihan berat badan atau obesitas, tekanan darah tinggi, dan kadar kolesterol tinggi.

Baca juga: 5 Pola Hidup yang Berpotensi Sebabkan Penyakit Jantung

Akan tetapi, kata dia, masyarakat juga perlu memahami teknik olahraga yang tepat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Anda jangan pernah mencoba untuk melakukan olahraga yang memiliki intensitas lebih tinggi diluar dari kemampuan tubuh Anda.

Sebab, olahraga yang menguras tenaga secara tiba-tiba atau intens bisa membebani kerja jantung.

Jantung akan memerlukan oksigen lebih banyak untuk menyokong aktivitas tersebut.

Selain itu, ada risiko dehidrasi yang membuat darah mengental dan peredaran darah terganggu. Akibatnya, dapat terjadi serangan jantung.

Fachmi menambahkan, aktivitas fisik apa pun yang membutuhkan tenaga dalam jumlah besar secara mendadak dapat memicu serangan jantung misalnya naik tangga di gedung berlantai tinggi, mengangkat beban terlalu berat, dan beraktivitas seksual.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.