Kompas.com - 06/10/2021, 09:01 WIB
-


KOMPAS.com - Menurut data studi yang dipublikasikan pada Senin lalu, menunjukkan efektivitas vaksin Pfizer turun menjadi 47 persen setelah 6 bulan.

Laporan itu menjadi pertimbangan badan kesehatan Amerika Serikat ketika diputuskan perlunya suntikan booster vaksin Covid-19 tersebut.

Dilansir dari Reuters, Rabu (6/10/2021), data studi yang dipublikasikan di jurnal medis Lancet, sebelumnya telah dirilis sebelum peer review pada Agustus lalu.

Analisis studi ini menunjukkan bahwa efektivitas vaksin Covid-19 berbasis mRNA yang dikembangkan Pfizer dan mitranya BioNTech, tetap tinggi hingga 90 persen dalam mencegah rawat inap dan kematian, setidaknya selama enam bulan.

Bahkan, kemampuan vaksin Covid-19 Pfizer dalam melindungi dari varian Delta, yang dikenal lebih menular juga tinggi.

Baca juga: Studi: Efektivitas Vaksin Pfizer dan Moderna Terus Berkurang, Apa Penyebabnya?

 

Kendati demikian, menurut peneliti data menunjukkan bahwa penurunan efektivitas vaksin Pfizer turun setelah 6 bulan ini disebabkan oleh semakin memudarnya kemanjuran, dibandingkan varian virus corona yang lebih menular.

Para peneliti dari Pfizer dan Kaiser Permanente mempelajari catatan kesehatan elektronik dari sekitar 3,4 juta orang yang menjadi anggota Kaiser Permanente California Selatan antara Desember 2020, yakni ketika vaksin Covid-19 pertama kali tersedia, hingga Agustus 2021.

"Analisis spesifik varian kami dengan jelas menunjukkan bahwa vaksin (Pfizer-BioNTech) efektif terhadap semua varian yang menjadi perhatian saat ini, termasuk Delta," kata Luis Jodar, wakil presiden senior dan kepala petugas medis di vaksin Pfizer.

Kendati demikian, penelitian efektivitas vaksin Pfizer setelah 6 bulan ini memiliki keterbatasan data potensial, yakni terkait kurangnya data tentang kepatuhan masyarakat yang telah divaksin terhadap pedoman penggunaan masker.

Baca juga: Efikasi Vaksin Pfizer Efektif 100 Persen, Apakah Vaksin Ini Kebal Covid-19?

 

Halaman:
Sumber REUTERS


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.