Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Efikasi Vaksin Pfizer Efektif 100 Persen, Apakah Vaksin Ini Kebal Covid-19?

Kompas.com - 21/07/2021, 17:03 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis


KOMPAS.com - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) telah memberikan izin penggunaan darurat vaksin Pfizer, yang dinilai efikasi vaksin mRNA ini efektif 100 persen melindungi dari Covid-19 pada kelompok remaja.

Pemberian emergency use authorization (EUA) terhadap vaksin Pfizer ini resmi diberikan pada Rabu (14/5/2021).

Kepala BPOM Penny K. Lukito mengatakan bahwa vaksin Covid-19 yang dikembangkan Pfizer dan BioNTech dengan nama Comirnaty tersebut menggunakan platform messenger RNA (mRNA), dalam konferensi Penerbitan EUA Vaksin Comirnaty, sepertu diberitakan Kompas.com, Kamis (15/7/2021).

Izin penggunaan darurat vaksin Comirnaty ini diberikan BPOM, setelah meninjau data hasil uji klinis yang menunjukkan vaksin Covid-19 tersebut secara efektif mencegah Covid-19.

Orang yang mendapatkan dua dosis vaksin Pfizer, sekitar 95 persen, kecil kemungkinan terkena Covid-19 dibandingkan orang yang tidak mendapat vaksin Covid-19.

Efikasi vaksin tersebut dari kelompok orang berusia 65 tahun dan dengan kondisi medis tertentu atau dengan penyakit penyerta (komorbid).

Baca juga: Vaksin Pfizer Kantongi Izin BPOM, Efikasi Vaksin pada Remaja Capai 100 Persen

 

Bahkan, data efikasi vaksin Pfizer menunjukkan 100 persen efektif pada remaja usia 12 tahun ke atas, yang artinya vaksin virus corona ini memberikan perlindungan yang tinggi terhadap Covid-19.

"Efikasi (vaksin Pfizer) Comirnaty untuk orang usia 19 tahun ke atas mencapai 95 persen. Pada usia 12 sampai 15 tahun adalah 100 persen," jelas Penny.

Lantas, dengan efikasi vaksin Pfizer mencapai 100 persen ini, apakah vaksin COvid-19 tersebut dapat membuat orang kebal Covid-19?

Ahli Biologi Molekuler Indonesia, Ahmad Utomo mengatakan bahwa efikasi vaksin Pfizer hingga 100 persen, menunjukkan bahwa ada rentang yang artinya tidak semua orang yang divaksinasi kebal dari infeksi Covid-19.

"Dalam uji klinis, kan, jumlah peserta, meskipun banyak, tentu tidak akan pernah melebihi populasi dunia nyata," kata Ahmad saat dihubungi Kompas.com, Senin (19/7/2021).

Terkait efikasi vaksin Pfizer yang efektif 100 persen melindungi dari Covid-19 pada remaja 12 tahun, Ahmad mengatakan bahwa kita berharap efektivitas vaksin Covid-19 akan bagus di dunia.

Baca juga: 6 Fakta Vaksin Pfizer, dari Efikasi 100 Persen hingga Efek Samping

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com