Kompas.com - 21/07/2021, 16:32 WIB
Ilustrasi teh freepikIlustrasi teh

KOMPAS.com - Sebagian orang memiliki kebiasaan meminum teh setelah makan. Namun, tahukah Anda bahwa minum teh setelah makan berbahaya bagi kesehatan? Simak untuk mengetahui penjelasan ilmiahnya.

Meminum teh sudah menjadi bagian dari keseharian banyak orang. Bahkan banyak di rumah makan, akan menyajikan teh tawar hangat setelah makan. Walau terdengar biasa saja, ternyata meminum teh setelah makan bukan hal yang baik untuk tubuh Anda.

Walaupun berbagai jenis teh merupakan minuman yang menyehatkan, bukan berarti Anda bisa meminumnya kapan saja. Dengan memilih waktu yang tepat untuk meminum minuman yang sehat ini, Anda akan bisa mendapatkan khasiat maksimalnya.

Baca juga: Manfaat Teh Daun Jati Cina, Ampuh Turunkan Kolesterol

Dilansir dari NCBI, berikut adalah alasan mengapa minum teh setelah makan berbahaya bagi kesehatan.

Meningkatkan produksi asam lambung

Teh yang diminum setelah makan akan menjadi katalis yang memicu produksi asam lambung berlebih. Pada beberapa orang, asam lambung berlebih akan memicu berbagai masalah saluran cerna seperti gastritis dan GERD.

Menghambat penyerapan zat besi

Tanin adalah senyawa aktif golongan polifenol yang terkandung di dalam teh. Tanin memiliki khasiat sebagai antidiare, antibakteri, dan antioksidan. Tanin bekerja dengan cara menggumpalkan protein yang ada di sekitarnya. Namun, salah satu efeknya adalah tanin menghalangi absorpsi zat besi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jika sering minum teh setelah makan, bisa jadi Anda akan mengalami kekurangan zat besi walaupun telah mengonsumsi makanan yang kaya akan zat besi. Kekurangan zat besi tentu berbahaya karena bisa menyebabkan anemia.

Baca juga: Segudang Manfaat Teh Hijau, Bisa Jadi Alternatif Minum Kopi

Anemia bisa menyebabkan seseorang merasa lemas bahkan dalam kondisi parah, bisa memicu kegagalan organ. Maka dari itu sebaiknya Anda cukup meminum air putih setelah makan agar mengoptimalkan penyerapan zat besi dari makanan yang Anda makan.

Menyebabkan konstipasi

Masih efek dari kandungan tanin pada teh. Teh bisa memicu konstipasi. Hal ini disebabkan karena teh memiliki manfaat sebagai antidiare. Ini terjadi karena mekanisme kerja tanin yang menggumpalkan protein di sekitarnya.

Rekomendasi minum teh yang aman

Untuk mengurangi efek menghambat penyerapan zat besi akibat minum teh, Anda bisa mencoba mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin C. Selain baik untuk tubuh, vitamin C juga berperan meningkatkan absorpsi zat besi ke dalam darah.

Baca juga: 8 Makanan Ini Bisa Bantu Kurangi Stres, dari Ikan, Yogurt, hingga Teh

Cara kedua yang bisa Anda lakukan adalah menghindari meminum teh satu jam sebelum dan satu jam sesudah makan. Dengan begini, Anda akan bisa mengoptimalkan berbagai manfaat meminum teh.
Beberapa manfaat meminum teh adalah meredakan pegal-pegal, membuat pikiran lebih rileks, dan mendapatkan antioksidan tinggi yang bisa mencegah berbagai penyakit. Antioksidan tinggi di dalam teh bermanfaat untuk mencegah stroke, kanker, dan penyakit kardiovaskuler.

 



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X