Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/10/2021, 21:02 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

Sumber Healthline

KOMPAS.com - Pisang adalah buah yang kaya nutrisi dan enak. Selain rasanya yang enak, pisang bisa menjadi pilihan makanan selingan yang tidak membuat gemuk.

Manfaat pisang

Dilansir dari Healthline, berikut manfaat pisang untuk kesehatan.

1. Menyehatkan saluran pencernaan

Pisang merupakan buah yang kaya serat dan bermanfaat untuk saluran pencernaan. Selain itu, beberapa studi di laboratorium menunjukkan bahwa pisang bisa mencegah kanker kolon.

2. Membantu menurunkan berat badan

Pisang merupakan buah yang mengenyangkan dengan kandungan kalori yang sedikit. Rata-rata satu buah pisang hanya mengandung 100 kalori. Karena pisang membuat lebih kenyang, ini akan membantu menurunkan nafsu makan.

Selain itu, studi menyebutkan bahwa memakan makanan yang kaya serat, seperti pisang, mampu menurunkan berat badan.

Baca juga: Kandungan Gizi Pisang yang Bermanfaat untuk Kesehatan

3. Membantu menjaga tekanan darah

Sebuah pisang berukuran sedang mampu memenuhi 9 persen kebutuhan potasium harian. Potasium terbukti mampu menurunkan tekanan darah. Selain itu, orang yang mencukupi kebutuhan potasium bisa menurunkan 27 persen risiko terkena penyakit jantung.

4. Kaya akan antioksidan

Buah dan sayur adalah sumber antioksidan yang paling baik, termasuk pisang. Antioksidan merupakan senyawa yang bermanfaat untuk melawan radikal bebas.

Dua antioksidan yang paling utama terkandung di dalam pisang adalah dopamin dan katekin. Dopamin adalah antioksidan yang mempengaruhi hormon dan suasana hati.

5. Meningkatkan sensitivitas insulin

Pisang yang masih mentah kaya akan pati resisten. Mengonsumsi pati resisten 15 sampai 30 gram per hari mampu meningkatkan sensitivitas insulin sebanyak 33 sampai 50 persen dalam 4 minggu.

Meningkatnya sensitivitas insulin akan membantu menjaga gula darah tetap normal. Ini sangat bermanfaat untuk penderita diabetes.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com