Kompas.com - 22/09/2021, 18:15 WIB
Serai, salah satu obat herbal maag freepikSerai, salah satu obat herbal maag

KOMPAS.comMaag adalah penyakit radang lambung yang dideteksi dengan gejala lambung terasa perih atau terasa seperti terbakar. Biasanya maag dipicu beberapa hal seperti pola makan yang tidak teratur, makan makanan yang terlalu pedas dan berminyak, makan terlalu pedas, hingga stres.

Obat herbal maag

Dilansir dari Healthline dan NCBI, berikut adalah daftar obat herbal maag yang bisa Anda coba di rumah.

Teh chamomile

Teh chamomile terkenal sebagai herbal yang bisa menurunkan kecemasan dan sebagai obat tidur. Selain itu, teh chamomile terbukti bisa mengurangi kadar asam lambung di saluran pencernaan. Teh chamomile juga memiliki efek antiinflamasi yang bisa mengurangi sakit pada lambung.

Namun, teh chamomile memiliki efek mengencerkan darah. Jika Anda mengonsumsi obat pengencer darah, konsultasikan terlebih dulu dengan dokter Anda jika ingin mengonsumsi teh ini.

Jahe

Jahe adalah salah satu obat herbal maag yang paling manjur. Khasiat jahe sudah terkenal untuk mengatasi masalah pencernaan.

Meminum secangkir air jahe terbukti mampu meredakan sakit maag dan mengurangi gejala yang menyertai seperti perut bergas dan mual.

Baca juga: 7 Makanan yang Aman untuk Penderita Maag

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Adas

Adas adalah salah satu rempah yang berkhasiat meredakan maag dan mual yang menyertai. Anda tinggal merebus setengah sendok teh adas dalam secangkir air selama 10 menit.

Serai

Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan di NCBI, serai mampu mengurangi gejala maag seperti mual. Anda bisa merebus segelas air dengan serai dan meminum airnya.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.