Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/08/2021, 21:00 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

KOMPAS.comMaag adalah kondisi medis yang mempengaruhi lambung. Kondisi ini juga dikenal dengan istilah dyspepsia. Kondisi ini perlu memperhatikan makanan yang aman bagi penderita maag agar tidak memicu kondisi ini untuk kambuh.

Maag biasanya dijelaskan sebagai rasa nyeri atau perih di perut kiri atas. Gejala yang bisa menyertainya antara lain, rasa terbakar pada perut atas, sakit perut, kembung, mual dan muntah.

Maag umumnya dipicu akibat pola makan yang tidak teratur, stres, dan kelelahan. Namun, pada beberapa kasus, ini merupakan tanda penyakit yang lebih serius. Contohnya infeksi saluran pencernaan, GERD, irritable bowel syndrome, dan pankreatitis.

Untuk mengatasi maag, memang bisa dengan mengonsumsi obat-obatan. Namun, untuk mencegah penyakit ini kambuh, perlu ada perubahan pola hidup. Salah satunya adalah dengan memilih makanan yang aman bagi lambung.

Baca juga: Apa Bedanya Penyakit Gerd dan Maag, dari Gejala hingga Faktor Pemicunya

Dilansir dari Healthline, berikut tujuh makanan yang aman untuk penderita maag.

Sayuran

Sayuran secara alami mengandung rendah lemak dan gula. Ini akan membantu lambung untuk menurunkan asam lambung. Beberapa sayur yang direkomendasikan antara lain buncis, brokoli, kembang kol, bayam, kentang, dan mentimun.

Jahe

Jahe terkenal memiliki efek antiinflamasi dan merupakan obat tradisional untuk mengatasi berbagai masalah saluran pencernaan. Anda bisa menyeduh jahe seperti teh, kemudian meminumnya untuk meredakan lambung yang bergas.

Baca juga: Gejala Kanker Lambung Mirip Maag dan Gerd, Kapan Harus Periksa ke Dokter?

Oatmeal

Oatmeal adalah sarapan sehat yang kaya serat. Terdapat penelitian bahwa diet tinggi serat mampu menurunkan asam lambung. Selain oatmeal, Anda juga bisa mengonsumsi sumber karbohidrat tinggi serat lainnya, seperti nasi merah.

Buah yang tidak asam

Pilihlah buah yang manis untuk menghindari maag Anda kambuh. Anda bisa mengonsumsi pisang, apel, pir, atau melon.

Protein rendah lemak

Untuk memenuhi kebutuhan protein Anda tanpa memicu maag Anda kambuh, pilihlah protein rendah lemak. Anda bisa memilih ayam, ikan, dan hidangan laut lainnya. Pilihlah cara memasak dengan sedikit minyak untuk menjaganya tetap rendah lemak.

Putih telur

Putih telur juga merupakan sumber protein rendah lemak yang baik untuk lambung Anda. Kuning telur mengandung lemak yang cukup tinggi sehingga sebaiknya Anda hindari.

Baca juga: Halo Prof! Apa Saja Gejala Penyakit Maag?

Sumber lemak sehat

Sumber lemak sehat yang tidak memicu maag kambuh antara lain alpukat, kacang-kacangan, dan minyak zaitun. Dengan mengonsumsi makanan ini, Anda akan bisa memenuhi kebutuhan lemak harian Anda tanpa memicu maag Anda kambuh.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com