Kompas.com - 19/09/2021, 12:03 WIB
Ilustrasi virus corona. FreepikIlustrasi virus corona.

KOMPAS.com - Nikmatnya berenang di kolam renang saat cuaca cerah selalu menggoda. Apalagi, saat ini Pemerintah telah menurunkan level Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di berbagai wilayah, sehingga memungkinkan melakukan aktivitas di luar rumah.

Namun sebenarnya, apakah kolam renang umum adalah tempat yang aman dari penyebaran virus corona varian delta?

Dokter paru dan perawatan kritis Joseph Khabbaza, MD, memberikan pembaruan tentang keselamatan berenang selama COVID-19 mengingatkan bahwa varian delta lebih mudah menyebar dan menular.

Baca juga: 3 Cara Mencegah Penyakit Saat Berenang di Kolam Renang Rekreasi

Jika sebelumnya virus corona akan menular dalam 10 atau 15 menit, pada varian delta penularan akan terjadi lebih cepat dari itu, karena ada lebih banyak virus yang dihasilkan orang yang terinfeksi dan varian delta bertahan lebih kuat di udara.

Dr. Khabbaza menekankan, pentingnya mendapatkan vaksinasi lengkap dalam kondisi saat ini.

“Jika Anda divaksinasi, semua kekhawatiran ini akan berkurang secara eksponensial daripada orang yang tidak divaksinasi. Tidak divaksinasi adalah langkah paling berisiko di tengah pandemi,” katanya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Di sisi lain, manfaat kesehatan dari berolahraga tak dapat disangkal. Dengan berolahraga, termasuk berenang, kebugaran tubuh dan system kekebalan akan terjaga. Namun, penting untuk mempertimbangkan di mana Anda akan berolahraga.

“Secara keseluruhan, aktivitas di luar ruangan akan lebih aman daripada aktivitas di dalam ruangan, terutama karena ada varian yang lebih menular,” kata Dr. Khabbaza.

Sangat penting untuk mengenali kondisi lingkungan Anda — dan mengetahui siapa yang akan ada di sekitar Anda. Hal ini dapat membantu Anda menilai risiko di lokasi.

“Jika Anda pergi ke pusat rekreasi atau ke pusat kebugaran, Anda dapat memperhitungkan tingkat infeksi lokal dan tingkat vaksinasi untuk membaca risiko secara umum,” kata Dr. Khabbaza.

Seperti yang telah kita pahami, virus corona menyebar melalui droplet dari orang ke orang atau tetesan aerosol.

Cara terbaik untuk menghindarinya adalah dengan menghindari kontak dekat dan berkelanjutan dengan orang yang tidak Anda kenal.

Baca juga: Bisakah Tertular Virus Corona Saat Berenang di Kolam Umum?

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.