Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Khasiat Minyak Zaitun yang Telah Terbukti Secara Ilmiah

Kompas.com - 11/09/2021, 17:32 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com – Minyak zaitun merupakan minyak alami yang dihasilkan dari ekstrak buah zaitun yang kaya akan lemak tak jenuh yang sehat.

Lemak tak jenuh tunggal merupakan asam lemak yang dominan dalam minyak zaitun. Ia membentuk 73 persen dari total kandungan minyak.

Penelitian mengatakan, lemak tak jenuh tunggal mampu mengurangi peradangan dan berpotensi memiliki efek menguntungkan pada gen yang terkait dengan kanker.

Selengkapnya, dilansir dari Healthline, berikut adalah 5 khasiat minyak zaitun untuk kesehatan yang telah terbukti secara ilmiah.

1. Kaya akan antioksidan

Minyak zaitun mengandung antioksidan yang kuat. Antioksidan ini aktif secara biologis dan mampu menurunkan risiko penyakit kronis.

Baca juga: 4 Khasiat Buah Naga yang Telah Terbukti Secara Ilmiah

Selain itu, antioksidan dalam minyak zaitun juga mampu melawan peradangan serta melindungi kolesterol darah dari oksidasi.

2. Memiliki sifat anti-inflamasi

Peradangan kronis dianggap sebagai salah satu pemicu utama penyakit, seperti penyakit jantung, Alzheimer, diabetes tipe 2, hingga kanker.

Minyak zaitun extra virgin dapat mengurangi peradangan dengan sifat anti-inflamasi yang dimilikinya.

Efek anti-inflamasi dalam minyak zaitun dimediasi oleh antioksidan. Kunci di antara keduanya adalah oleocanthal yang tebukti bekerja mirip dengan ibuprofen.

3. Mencegah stroke

Hubungan antara minyak zaitun dan risiko penyakit stroke telah dipelajari secara ekstensif.

Sebuah tinjauan besar penelitian terhadap 841.000 orang menemukan, minyak zaitun adalah sumber lemak tak jenuh tunggal yang terkait dengan penurunan risiko stroke dan penyakit jantung.

Baca juga: Jambu Biji dan Khasiat Mengatasi Demam Berdarah

Dalam ulasan lain terhadap penelitian dengan 140.000 peserta, konsumsi minyak zaitun dikaitkan dengan risiko stroke yang jauh lebih rendah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com