Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 31/08/2021, 08:30 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

Sumber Netmeds

KOMPAS.com - Sirih adalah salah satu tanaman obat yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Sirih memiliki nama latin Pipper batle L.

Daun sirih berbentuk seperti jantung dengan aroma yang khas. Tanaman ini banyak tumbuh di daerah tropis seperti Asia hingga Afrika Timur.

Dilansir dari Netmeds, berikut khasiat daun sirih.

1. Mengatasi konstipasi

Daun sirih kaya akan antioksidan yang bisa membersihkan radikal bebas dari tubuh. Daun sirih juga membantu mengembalikan pH normal pada saluran pencernaan.

Untuk mengatasi konstipasi, hancurkan daun sirih dan rendam ke dalam segelas air semalaman. Minum airnya di pagi hari untuk membantu pergerakan usus.

2. Mengurangi masalah saluran pernapasan

Daun sirih dipercaya bisa meringankan batuk dan pilek. Daun sirih memiliki efek antibakteri karena mengandung polifenol, salah satunya kovikol.

Untuk menjadikannya obat batuk dan pilek, Anda bisa mencoba cara berikut. Rebus beberapa lembar daun sirih dengan kapulaga, cengkeh, dan kayu manis. Minum air rebusan tersebut dua sampai tiga kali sehari.

Baca juga: 13 Manfaat Daun Salam, Atasi Asam Urat hingga Cegah Rambut Rontok

3. Menghentikan perdarahan

Sejak dulu, sirih digunakan untuk mengobati mimisan. Daun sirih mampu menghentikan perdarahan dengan cepat.

Siapkan daun sirih yang telah dibersihkan, kemudian digulung. Setelah itu masukkan gulungan daun ke dalam hidung yang sedang mimisan untuk menghentikan perdarahan.

4. Menjaga kesehatan rongga mulut

Orang tua jaman dulu banyak yang gemar mengunyah sirih. Efek antibakteri di dalam sirih mampu membunuh bakteri di dalam mulut.

Sehingga, daun ini bisa mencegah berbagai penyakit gigi dan mulut seperti radang gusi, sariawan, bau mulut, dan gigi berlubang.

Tidak perlu repot-repot lagi, sudah banyak tersedia produk kesehatan gigi dan mulut yang mengandung sirih. Beberapa bentuk produknya antara lain obat kumur dan pasta gigi.

5. Memelihara daerah kewanitaan

Selain efek antibakteri, ternyata daun sirih juga memiliki efek antijamur. Daun sirih mampu mencegah pertumbuhan jamur penyebab keputihan pada organ kewanitaan.

Dahulu, orang menggunakan air rebusan daun sirih untuk membersihkan organ kewanitaan. Namun sekarang, ekstrak daun sirih ditemukan di berbagai produk khusus wanita. Contohnya sabun, tisu, dan pembalut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Netmeds
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com