Kompas.com - 25/08/2021, 17:32 WIB
Ilustrasi jambu biji Ilustrasi jambu biji
Penulis Lulu Lukyani
|

KOMPAS.com – Buah yang dikenal berkhasiat dalam membantu penyembuhan penyakit demam berdarah adalah jambu biji.

Jambu biji, terutama bagian daunnya, banyak dimanfaatkan dalam pengobatan tradisional untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan.

Secara empiris, daun jambu biji bersifat antibiotik. Ia juga mengandung tanin, triterpenoid, minyak atsiri, minyak lemak, dan minyak malat.

Dilansir dari artikel “Pengaruh Pemberian Ekstrak Daun Jambu Biji (Psidium guajava Linn.) terhadap Peningkatan Trombosit pada Pasien Demam Berdarah Dengue”, hasil penelitian yang dikutip dari berbagai sumber menunjukkan, daun jambu biji terbukti dapat menghambat aktivitas enzim reverse transcriptase dari virus dengue, penyebab demam berdarah.

Adapun virus dengue yang disebarkan melalui vektor nyamuk genus Aedes aegypti ini dapat menyebabkan kadar trombosit di dalam tubuh menurun.

Baca juga: Rumah Sakit Penuh, Begini Cara Perawatan Demam Berdarah di Rumah

Tanin menghambat enzim reverse transcriptase maupun DNA polymerase dari virus sekaligus menghambat pertumbuhan virus yang berinti DNA maupun RNA.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hasil uji klinis menunjukkan, pemberian ekstrak daun jambu biji kering selama lima hari, setiap 4-6 jam, mampu mempercepat pencapaian jumlah trombosit >100.000/µl setelah 12-14 jam tanpa menimbulkan efek samping yang signifikan.

Daun jambu biji mengandung berbagai macam komponen yang berkhasiat mengatasi demam berdarah. Kelompok senyawa tanin dan flavonoid yang dinyatakan sebagai quersetin dalam ekstrak daun jambu biji dapat menghambat enzim reverse transcriptase sehingga mampu menghambat pertumbuhan virus dengue.

Uji preklinik yang dilakukan oleh Kusumawati (1999), dengan menggunakan mencit sebagai subjek pengujian, menunjukkan bahwa ekstrak daun jambu biji dapat meningkatkan jumlah megakariosit dalam sumsum tulang sehingga dapat meningkatkan jumlah trombosit dalam darah.

Baca juga: 9 Gejala Demam Berdarah dan Cara Mencegah Penularannya

Meski demikian, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk menghasilkan obat yang teruji mutu, keamanan, dan khasiatnya agar bisa dikembangkan sebagai obat fitofarmaka dan dimanfaatkan dalam pengobatan formal penyakit demam berdarah.

Di samping itu, daun jambu biji juga diyakini memiliki khasiat lain, sebagaimana dilansir dari Healthline.

Khasiat tersebut di antaranya adalah menurunkan kadar gula darah, meredakan nyeri akibat menstruasi, menyehatkan sistem pencernaan, dan mengatasi permasalahan kulit seperti jerawat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.