Kompas.com - 22/08/2021, 17:03 WIB
Ilustrasi kanker paru. Pemeriksaan CT Scan paru-paru. SHUTTERSTOCK/create jobs 51Ilustrasi kanker paru. Pemeriksaan CT Scan paru-paru.

KOMPAS.com - Kanker paru merupakan salah satu penyakit penyebab kematian terbesar di antara semua jenis kanker lainnya. Salah satu penyebab munculnya penyakit ini adalah konsumsi rokok.

Lantas, apakah mitos atau fakta bahwa perokok pasif lebih berisiko terkena kanker paru dibanding perokok aktif?

dr. Sita Laksmi Andarini, PhD, Sp.P(K), Dokter Spesialis Paru Konsultan Onkologi dan Anggota Pokja Onkologi Toraks PDPI, memberikan penjelasan terkait hal tersebut dalam siaran pers #LungTalk yang diterima Kompas.com, Minggu (22/8/2021).

Dengan melihat data yang ada, perokok aktif berisiko terkena kanker paru sebesar 13,6 kali lipat, sedangkan perokok pasif berisiko terkena kanker paru sebesar 4 kali lipat.

Baca juga: 4 Dampak Pandemi Covid-19 yang Dirasakan Pasien Kanker Paru

Kendati demikian, Sita menegaskan bahwa tidak bisa dikatakan perokok pasif akan mendapatkan lebih sedikit risiko terkena kanker paru.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Jangan dikatakan bahwa risikonya lebih sedikit karena pada perokok pasif terkadang tidak aware bahwa mereka akan jadi (berisiko terkena) kanker paru, sehingga tidak pernah periksa," Dr. Sita.

Dampak buruk kurangnya kesadaran pada perokok pasif tersebut dapat menyebabkan apabila tubuh mereka terjangkit, kanker paru akan baru terdeteksi saat sudah memasuki stadium lanjut.

Selain itu, beda dengan perokok aktif, pada perokok pasif mereka menghirup sidestream smoke atau partikel yang lebih kecil dari rokok.

Partikel ini bisa masuk ke paru-paru hingga mencapai perifer paru. Tidak berhenti disitu, partikel tersebut juga mampu masuk ke pembuluh darah dan menyebar ke seluruh tubuh.

Dr. Sita memberikan contoh bahwa sidestream smoke ini bisa ditemukan di kafe yang penuh dengan asap rokok sehingga memungkinkan partikel kecil tersebut menempel pada benda-benda yang ada dan bersifat karsinogenik.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.