Kompas.com - 22/08/2021, 11:31 WIB
Ilustrasi selama gerhana bulan total, sinar matahari disaring oleh atmosfer bumi dan bulan berwarna oranye. [NASA VIA BBC INDONESIA] NASA VIA BBC INDONESIAIlustrasi selama gerhana bulan total, sinar matahari disaring oleh atmosfer bumi dan bulan berwarna oranye. [NASA VIA BBC INDONESIA]
Penulis Lulu Lukyani
|

KOMPAS.comGerhana Bulan adalah fenomena langit ketika sebagian atau seluruh permukaan bulan tertutup oleh bayangan Bumi.

Pada tanggal 26 Mei 2021 lalu, terjadi fenomena gerhana Bulan total yang bisa dilihat di hampir seluruh wilayah Indonesia.

Untuk tahun ini, gerhana Bulan diprediksi akan terjadi lagi pada tanggal 19 November 2021 mendatang.

Peneliti Pusat Sains Antariksa, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), M. Zamzam Nurzaman, M.Si, menjelaskan, gerhana Bulan terjasi saat posisi Bumi, Bulan, dan Matahari sejajar sehingga cahaya Matahari yang sampai ke Bulan terhalang oleh bayangan Bumi dan Bulan terlihat lebih redup atau gelap.

“Tipe gerhana ada beberapa, yaitu gerhana Bulan penumbra, gerhana Bulan total, dan gerhana Bulan sebagian,” ujar Zamzam, dilansir dari laman resmi LAPAN.

Baca juga: 7 Fakta Viral Meteor Jatuh di Gunung Merapi, Tak Berkaitan dengan Gerhana Bulan Total

1. Gerhana Bulan total

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Gerhana Bulan total terjadi ketika seluruh bayangan umbar Bumi menutupi permukaan Bulan. Saat itu, Matahari, Bumi, dan Bulan berada tepat di satu garis yang sama.

2. Gerhana Bulan sebagian

Gerhana Bulan sebagian atau dikenal juga sebagai gerhana Bulan parsial terjadi ketika Bumi tidak sepenuhnya menghalangi sinar Matahari ke Bulan.

Dilansir dari laman resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), ketika gerhana Bulan sebagian terjadi, sebagian permukaan Bulan berada di daerah penumbra dan sebagian lainnya mendapatkan sinar Matahari.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.