Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/08/2021, 20:29 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

Sumber Healthline

KOMPAS.com - Penyakit ginjal menyerang sekitar 10 persen populasi dunia. Padahal fungsi ginjal sangat penting bagi tubuh kita. Untuk menjaga fungsi ginjal, Anda bisa mengonsumsi makanan yang baik untuk ginjal.

Ginjal adalah organ yang berfungsi untuk menyaring zat-zat yang tidak diperlukan tubuh, memproduksi hormon yang menjaga tekanan darah, menjaga keseimbangan cairan tubuh, dan memproduksi urine. Jika terjadi gangguan pada ginjal, maka akan berdampak pada fungsi-fungsi berikut.

Risiko terbesar yang menyebabkan gangguan ginjal adalah diabetes dan tekanan darah tinggi. Selain itu, kurang minum air putih, genetik, obesitas dan beberapa faktor lainnya bisa meningkatkan risiko tersebut.

Secara umum, untuk menjaga kesehatan ginjal Anda, Anda perlu membatasi konsumsi makanan yang mengandung zat-zat tertentu. Zat tersebut adalah sodium, potasium, dan fosfor. Ketiganya adalah zat yang diperlukan tubuh, namun dalam dosis yang cukup.

Baca juga: Diet Gluten Free, Apa Saja Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi?

Untuk menjaga fungsi ginjal tetap optimal, berikut makanan yang baik untuk ginjal yang dilansir dari Healthline.

Kembang kol

Kembang kol adalah sayuran yang kaya nutrisi. Sayuran ini mengandung berbagai nutrisi, seperti vitamin C, K, B, dan folat. Selain itu, sayur yang berbentuk mirip brokoli ini juga kaya akan zat antiinflamasi dan serat yang diperlukan tubuh.

Kembang mengandung sodium dan potasium yang rendah yang bisa membantu fungsi ginjal agar optimal.

Baca juga: 5 Makanan untuk Meredakan Depresi

Blueberi

Buah ini merupakan salah satu buah yang paling tinggi kandungan antioksidannya. Antioksidan baik untuk mencegah penyakit jantung, kanker, penurunan kognitif, dan diabetes.

Sedangkan mengenai kaitannya dengan ginjal adalah buah ini mengandung sodium, potasium, dan fosfor yang rendah.

Ikan kakap

Ikan kakap adalah sumber protein yang kaya akan asam lemak omega-3. Kandungan ini berfungsi mengurangi inflamasi, serta bisa menurunkan risiko depresi dan kecemasan.

Biasanya, ikan laut mengandung fosfor yang tinggi. Namun berbeda dengan ikan kakap, ikan ini mengandung fosfor yang lebih rendah dibandingkan hidangan laut lainnya.

Putih telur

Putih telur adalah sumber protein yang tepat bagi orang yang memerlukan makanan tinggi protein, namun rendah fosfor. Protein ini sering dijadikan diet bagi orang yang melakukan perawatan dialisis.

Baca juga: 5 Makanan Tinggi Kolesterol yang Perlu Anda Hindari

Bawang putih

Orang dengan gangguan ginjal perlu membatasi konsumsi garam. Bawang putih merupakan penyedap alami yang bisa menambah cita rasa pada masakan agar makanan Anda tidak terlalu hambar.

Selain itu, bawang putih baik untuk menjaga imun tubuh karena mengandung vitamin C dan B6.

Minyak zaitun

Minyak zaitun merupakan sumber lemak sehat yang bebas fosfor. Ini membuat minyak zaitun baik dikonsumsi orang dengan gangguan ginjal.

Lemak yang terkandung di dalam minyak ini adalah asam oleat yang merupakan zat antiinflamasi yang baik untuk tubuh.

Baca juga: 7 Makanan yang Aman untuk Penderita Maag

Nanas

Kebanyakan buah tropis mengandung potasium tinggi, seperti jeruk, pisang, dan kiwi. Namun, nanas mengandung potasium rendah yang baik untuk ginjal. Nanas kaya akan serat, mangan, vitamin C, dan zat antiinflamasi.

Itu dia 7 makanan yang baik untuk ginjal. Jaga kesehatan ginjal Anda, ya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com