Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/08/2021, 14:00 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

KOMPAS.comDepresi adalah kondisi yang penyembuhannya harus dijaga dalam jangka panjang. Tidak hanya dengan obat-obatan, namun makanan juga berpengaruh dalam menjaga depresi agar tidak terulang lagi.

Dilansir dari WebMD, sebenarnya belum ada diet spesifik yang ditujukan untuk meredakan atau mencegah depresi. Namun, ada beberapa makanan untuk meredakan depresi atau membuat Anda memiliki suasana hati yang lebih baik. Ini bisa membantu perawatan pasien.

Dilansir dari Everyday Health, berikut makanan untuk meredakan depresi.

Sayuran berdaun hijau tua

Salah satu makanan yang paling padat akan nutrisi adalah sayuran berdaun hijau tua, contohnya bayam dan kale. Keduanya memiliki efek meningkatkan imun dan antikanker. Selain itu, sayuran ini mengandung vitamin A, C, E, K, dan mineral yang dibutuhkan tubuh.

Selain itu, keduanya memiliki efek antiinflamasi kuat. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa depresi memiliki kaitan dengan inflamasi pada otak. Ini menunjukkan sayuran ini mampu meredakan depresi.

Baca juga: 7 Makanan yang Aman untuk Penderita Maag

Walnut

Walnut adalah salah satu jenis kacang yang mengandung asam lemak omega-3. Telah banyak studi yang menunjukkan bahwa asam lemak omega-3 mampu mendukung fungsi otak dan meredakan depresi.

Otak tersusun dari 80 persen lemak. Maka dari itu, para ahli percaya bahwa asam lemak omega-3 mampu memberikan manfaat untuk otak kita.

Alpukat

Alpukat mengandung lemak baik dalam bentuk asam oleat yang bermanfaat untuk otak. Selain itu, alpukat mengandung protein yang lebih tinggi dari jenis buat lain dan vitamin B kompleks, C, dan E12.

Buah beri

Umumnya, makanan yang bisa membantu meredakan depresi adalah makanan yang mengandung antioksidan tinggi. Radikal bebas, baik yang diproduksi tubuh atau yang didapat dari makanan, bisa menyebabkan rusaknya sel tubuh dan memicu penuaan.

Salah satu organ yang paling terdampak oleh radikal bebas adalah otak. Maka dari itu, makanan kaya antioksidan bisa mencegah kerusakan otak serta menjaga fungsinya tetap optimal dan mencegah depresi.

Contoh makanan yang mengandung antioksidan tinggi adalah bluberi, stoberi, dan blackberries. Sebuah penelitian menunjukkan pasien yang mengonsumsi buah beri di pagi hari memiliki tingkat depresi yang lebih rendah dibandingkan yang tidak mengonsumsi.

Baca juga: 5 Makanan Tinggi Kolesterol yang Perlu Anda Hindari

Tomat

Tomat mengandung asam folat dan asam alfa-lipoat yang baik untuk meredakan depresi. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa depresi memiliki kaitan dengan defisiensi asam folat.

Asam folat bisa mencegah produksi homosistein berlebih. Zat ini menghalangi produksi beberapa hormon bahagia seperti serotonin, dopamin, dan norepinefrin. Maka dari itu, konsumsi tomat bisa membantu menjaga suasana hati dan meredakan depresi.

Itu dia lima makanan untuk meredakan depresi. Semoga bahagia selalu, ya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com