Kompas.com - 14/08/2021, 09:02 WIB

KOMPAS.com - Sebuah studi baru dari Tel Aviv University dan Weizmann Institute mengungkapkan setidaknya selama 50.000 tahun terakhir burung mengalami peristiwa kepunahan massal.

Dalam peristiwa tersebut, sekitar 10 hingga 20 persen dari semua spesies burung hilang. Sebagian besar spesies yang punah itu memiliki ciri besar, hidup di pulau, dan kebanyakan tak bisa terbang.

Lalu, apa pemicu terjadinya kepunahan massal berbagai spesies burung tersebut?

Dalam studi yang dipublikasikan dalam Journal of Biogeography, peneliti menyebut jika manusia lagi-lagi adalah penyebab dari kepunahan massal burung-burung di planet ini.

"Untuk pertama kalinya kami mengumpulkan data kuantitatif jumlah dan ciri-ciri spesies burung yang punah di seluruh dunia. Secara keseluruhan kami dapat membuat daftar 469 spesies burung punah selama 50.000 tahun terakhir, tetapi kami percaya jumlah sebenarnya jauh lebih tinggi," kata Prof. Shai Meiri dari Tel Aviv University, Israel, dilansir dari Phys, Jumat (13/8/2021).