Kompas.com - 14/08/2021, 11:00 WIB

KOMPAS.com - Tiga jam dari Batam, ada sebuah desa bernama Sungai Tohor. Desa ini menyimpan kekayaan alam unik berupa lahan gambut, hutan yang tanahnya terbentuk dari akumulasi tumbuhan yang membusuk selama puluhan ribu tahun.

Desa yang termasuk wilayah Meranti, Riau, itu juga menyimpan sagu yang berpotensi sebagai sumber pangan.

Tahun 2015 lalu, hutan gambut mereka mengalami kebakaran hebat. Asapnya sampai Singapura dan Malaysia. Kini, kondisinya telah membaik. Perbaikan itu punya kisah tersendiri.

Kompas.com mengundang Anda untuk berpetualang ke Sungai Tohor lewat Visual Interaktif Kompas (VIK) dan mengungkap tujuh kisah tersembunyi soal desa itu.

Klik VIK Petualangan ke Hutan Sagu Sungai Tohor

Belum tahu soal lahan gambut? Anda bisa membaca keunikannya sekaligus bagaimana manusia menghancurkannya di seri VIK lainnya.

Klik VIK Hikayat Singkat Gambut Tropis dan Harta Karunnya

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.