Kompas.com - 30/07/2021, 08:31 WIB
Gambar lokasi ditemukan fosil hewan tertua di dunia. Ahli geologi Kanada, Elizabeth Turner menemukan fosil spons purba di kawasan bebatuan yang dulunya merupakan laut prasejarah. Elizabeth Turner/Laurentian University via AP/PHYSGambar lokasi ditemukan fosil hewan tertua di dunia. Ahli geologi Kanada, Elizabeth Turner menemukan fosil spons purba di kawasan bebatuan yang dulunya merupakan laut prasejarah.


KOMPAS.com - Peneliti telah menemukan catatan fosil paling awal kehidupan hewan di Bumi. Namun, jangan dibayangkan jika bentuk fosil hewan tertua di dunia yang ditemukan di Kanada ini, seperti yang kita lihat sekarang.

Hewan pertama yang muncul bentuknya masih sangat sederhana, sebagian besar merupakan organisme multiseluler seperti spons.

Fosil tersebut mengutip Phys, Rabu (29/7/2021) ditemukan di bebatuan di daerah terpencil di Northwest Territories yang berusia 890 juta tahun lalu.

Saat mempelajari batuan di tempat itu lah, Elizabetg Turner, peneliti dari Universitas Laurentian di Sudbury, Kanada menemukan sisa-sisa spons.

Baca juga: Peneliti Temukan Fosil Mamalia Darat Terbesar di Dunia, Seperti Apa?

 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sekitar satu miliar tahun yang lalu, tempat ditemukannya fosil hewan tertua di dunia tersebut adalah lingkungan laut prasejarah.

Kawasan bebatuan ini menyimpan sisa-sisa spons purba yang dapat terawetkan dalam sedimen mineral.

Namun hal menarik lain dari temuan ini adalah mengenai waktunya. Penanggalan lapisan batuan menunjukkan jika sampel berusia sekitar 890 juta tahun.

Artinya, fosil hewan tertua di dunia yang ditemukan kali ini, berusia sekitar 350 juta tahun lebih tua dari fosil spons purba yang pernah ditemukan sebelumnya.

Baca juga: Pertama Kali Ditemukan di Dunia, Fosil Dinosaurus Sedang Erami Telurnya

Halaman:


Sumber PHYSORG
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.