Kompas.com - 30/07/2021, 08:31 WIB
Gambar lokasi ditemukan fosil hewan tertua di dunia. Ahli geologi Kanada, Elizabeth Turner menemukan fosil spons purba di kawasan bebatuan yang dulunya merupakan laut prasejarah. Elizabeth Turner/Laurentian University via AP/PHYSGambar lokasi ditemukan fosil hewan tertua di dunia. Ahli geologi Kanada, Elizabeth Turner menemukan fosil spons purba di kawasan bebatuan yang dulunya merupakan laut prasejarah.

KOMPAS.com - Peneliti telah menemukan catatan fosil paling awal kehidupan hewan di Bumi. Namun, jangan dibayangkan jika bentuk fosil hewan tertua di dunia yang ditemukan di Kanada ini, seperti yang kita lihat sekarang.

Hewan pertama yang muncul bentuknya masih sangat sederhana, sebagian besar merupakan organisme multiseluler seperti spons.

Fosil tersebut mengutip Phys, Rabu (29/7/2021) ditemukan di bebatuan di daerah terpencil di Northwest Territories yang berusia 890 juta tahun lalu.

Saat mempelajari batuan di tempat itu lah, Elizabetg Turner, peneliti dari Universitas Laurentian di Sudbury, Kanada menemukan sisa-sisa spons.