Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berumur 635 Juta Tahun, Fosil Jamur Darat Tertua Ini Ungkap Masa Lalu Bumi

Kompas.com - 03/02/2021, 19:02 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi


KOMPAS.com- Tim ilmuwan internasional di China Selatan tak sengaja menemukan fosil jamur darat tertua di planet Bumi ini.

Mikrofosil atau fosil berukuran kecil itu menurut peneliti usianya kira-kira tiga kali lebih kuno dari dinosaurus paling tua yang pernah ditemukan.

Peneliti menyebut jika fosil tersebut berusia sekitar 635 juta tahun atau hidup pada periode ketika Bumi tengah memulihkan diri dari zaman es global.

Selama peristiwa tersebut, planet menyerupai bola salju besar. Lautan beku dan tertutup lapisan es lebih dari satu kilometer.

Namun dalam hitungan yang cukup cepat, dunia mulai mencair tanpa bisa dijelaskan, memungkinkan kehidupan berkembang pesat di darat untuk pertama kalinya.

Baca juga: Teka-teki Kumbang Bercahaya, Fosil 99 Juta Tahun Ini Beri Petunjuknya

 

Temuan fosil jamur tertua ini pun menjadi salah satu petunjuk yang dapat membantu mengungkap masa lalu bumi setelah melewati zaman es global.

Hal ini lantaran jamur merupakan salah satu bentuk kehidupan pertama yang menempati bumi saat itu sebelum tanaman darat ada.

"Jika interpretasi kami benar maka akan sangat membantu untuk memahami perubahan paleoklimat dan evolusi awal kehidupan," ungkap Tian Gan, ahli geologi dari Virginia Tech College of Science, seperti dikutip dari Science Alert, Rabu (3/2/2021).

Lebih lanjut peneliti pun berpendapat jika jamur ada di mana-mana, kemungkinan bentuk kehidupan ini telah membantu Bumi melewati masa transisi dari bola es beku ke planet dengan beragam ekosistem yang dapat menampung beragam bentuk kehidupan.

Baca juga: Fosil Dinosaurus di Argentina Jadi Mahluk Terbesar di Bumi yang Pernah Ditemukan

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com