Kompas.com - 28/07/2021, 08:33 WIB
Gempa Pacitan. Gempa bumi tektonik berkekuatan M 5,0 mengguncang wilayah Selatan Jawa Timur tadi malam pada pukul 23.21 WIB, Selasa (27/7/2021). Gempa ini berjarak 95 km dari Pacitan. BMKGGempa Pacitan. Gempa bumi tektonik berkekuatan M 5,0 mengguncang wilayah Selatan Jawa Timur tadi malam pada pukul 23.21 WIB, Selasa (27/7/2021). Gempa ini berjarak 95 km dari Pacitan.

KOMPAS.com - Gempa bumi tektonik berkekuatan M 5,0 mengguncang wilayah Selatan Jawa Timur tadi malam pada pukul 23.21 WIB, Selasa (27/7/2021). Gempa ini dekat dengan sumber gempa besar 1937.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Mitigasi Gempabumi dan Tsunami BMKG, Daryono melalui keterangan tertulisnya kepada Kompas.com, Rabu (28/7/2021).

Berdasarkan hasil analisis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menunjukkan terletak pada koordinat 8,98 LS dan 111,43 BT.

Lokasi tepatnya berada di laut pada jarak 94 km arah Selatan Kota Pacitan, Jawa Timur dengan kedalaman 61 kilometer.

Baca juga: Fakta Gempa Tojo Una-Una, 36 Kali Susulan hingga Sejarah Panjangnya

Daryono menjelaskan, gempa dengan kedalaman menengah ini terjadi akibat adanya deformasi batuan pada slab Lempeng Indo-Australia yang tersubduksi di selatan Jawa, tepatnya di zona transisi antara zona sumber gempa megathrust dan zona Benioff dengan mekanisme sumber menunjukkan pergerakan naik (thrust fault). 

Kendati hasil pemodelan BMKG tidak menunjukkan adanya potensi tsunami, tetapi getaran akibat guncangan gempa bumi ini dirasakan di sejumlah wilayah dengan kekuatan magnitudo yang berbeda-beda.

"Guncangan gempa dirasakan paling kuat dirasakan di Pacitan mencapai skala intensitas III-IV MMI," kata Daryono.

Getaran akibat guncangan gempa bumi dengan skala intensitas III-IV MMI, bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah.

Selanjutnya, getaran juga dirasakan di daerah Nganjuk, Karangkates, Blitar, Trenggalek, dan Tulungagung guncangan dirasakan dalam skala intenitas III MMI, di mana guncangan dirasakan seperti ada truk berlalu. 

Sedangkan di Kepanjen, Kendal, Madiun, dan Gunung Kidul guncangan dalam skala intensitas II MMI yang dirasakan oleh beberapa orang dan benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.