Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa Pacitan Tadi Malam Dekat dengan Sumber Gempa Besar 1937

Kompas.com - 28/07/2021, 08:33 WIB
Ellyvon Pranita,
Gloria Setyvani Putri

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Gempa bumi tektonik berkekuatan M 5,0 mengguncang wilayah Selatan Jawa Timur tadi malam pada pukul 23.21 WIB, Selasa (27/7/2021). Gempa ini dekat dengan sumber gempa besar 1937.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Mitigasi Gempabumi dan Tsunami BMKG, Daryono melalui keterangan tertulisnya kepada Kompas.com, Rabu (28/7/2021).

Berdasarkan hasil analisis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menunjukkan terletak pada koordinat 8,98 LS dan 111,43 BT.

Lokasi tepatnya berada di laut pada jarak 94 km arah Selatan Kota Pacitan, Jawa Timur dengan kedalaman 61 kilometer.

Baca juga: Fakta Gempa Tojo Una-Una, 36 Kali Susulan hingga Sejarah Panjangnya

Daryono menjelaskan, gempa dengan kedalaman menengah ini terjadi akibat adanya deformasi batuan pada slab Lempeng Indo-Australia yang tersubduksi di selatan Jawa, tepatnya di zona transisi antara zona sumber gempa megathrust dan zona Benioff dengan mekanisme sumber menunjukkan pergerakan naik (thrust fault). 

Kendati hasil pemodelan BMKG tidak menunjukkan adanya potensi tsunami, tetapi getaran akibat guncangan gempa bumi ini dirasakan di sejumlah wilayah dengan kekuatan magnitudo yang berbeda-beda.

"Guncangan gempa dirasakan paling kuat dirasakan di Pacitan mencapai skala intensitas III-IV MMI," kata Daryono.

Getaran akibat guncangan gempa bumi dengan skala intensitas III-IV MMI, bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah.

Selanjutnya, getaran juga dirasakan di daerah Nganjuk, Karangkates, Blitar, Trenggalek, dan Tulungagung guncangan dirasakan dalam skala intenitas III MMI, di mana guncangan dirasakan seperti ada truk berlalu. 

Sedangkan di Kepanjen, Kendal, Madiun, dan Gunung Kidul guncangan dalam skala intensitas II MMI yang dirasakan oleh beberapa orang dan benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

"Hingga pagi ini belum ada laporan terkait dampak kerusakan yang ditimbulkan oleh kejadian gempa tersebut dan hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa ini tidak berpotensi tsunami," ujarnya.

Sementara itu, hasil monitoring BMKG hingga pagi ini juga belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan atau aftershock.

Baca juga: Lagi, Gempa M 6,5 Guncang Sulawesi Tengah, Warga Diimbau Jauhi Pantai

Apa yang unik dari gempa Pacitan, selatan Jawa Timur tadi malam?

Menurut Daryono, ada hal yang menarik dari gempa bumi tektonik yang mengguncang wilayah Pacitan, Selatan Jawa Timur ini yakni kedekatan sumber gempa dengan gempa besar yang pernah terjadi sebelumnya.

"Lokasi sumber gempa Pacitan tadi malam sangat menarik karena berdekatan dengan sumber gempa besar yang mengguncang dan merusak Pulau Jawa pada 27 September 1937," jelasnya.

Diketahui berdasarkan catatan dalam katalog sejarah gempa Jawa, pada 1937 terjadi gempa besar dengan dampak kerusakan mencapai skala intensitas VII-IX di Yogyajarta, Jawa Timur, dan Jawa Tengah.

Gempa besar ini bahkan menyebabkan 2.200 rumah roboh dan beberapa orang meninggal.

Adapun, episenter gempa ini terletak di laut pada jarak sekitar 113 km arah Barat Daya Kota Pacitan dengan guncangan terjauh dirasakan hingga Pulau Lombok.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com