Kompas.com - 27/07/2021, 18:03 WIB
ilustrasi warteg mamoka bahari. SHUTTERSTOCK/EDWIN EKA NUGRAHAilustrasi warteg mamoka bahari.

KOMPAS.com - Demi menekan laju penularan Covid-19, Pemerintah memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 selama 8 hari, terhitung sejak 26 Juli hingga 2 Agustus 2021.

Namun kali ini, terdapat beberapa perubahan aturan, salah satunya pembukaan warung makan dan lapak jajanan.

"Warung makan, pedagang kaki lima, lapak jajanan dan sejenisnya yang memiliki tempat usaha di ruang terbuka diizinkan buka," kata Presiden Joko Widodo dalam tayangan YouTube Sekretariat Presiden, Minggu (25/7/2021).

Baca juga: Makan di Restoran Berisiko Tinggi Tertular Covid-19, Kok Bisa?

Pada PPKM sebelumnya, tempat makan hanya diizinkan melayani take away atau bungkus.

Sementara, pada masa perpanjangan PPKM Level 4, pengunjung boleh makan di tempat. Namun, dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat, pembatasan waktu makan, dan pembatasan kapasitas pengunjung.

"Dengan protokol kesehatan yang ketat sampai pukul 20 dan maksimum waktu makan untuk setiap pengunjung 20 menit," papar Jokowi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain itu, pengunjung yang makan di tempat dibatasi maksimal tiga orang saja.

Namun, hal tersebut tidak berlaku untuk restoran/rumah makan dan kafe dengan lokasi yang berada dalam gedung atau toko tertutup.

Baik yang berada pada lokasi tersendiri maupun yang berlokasi pada pusat perbelanjaan/mal, hanya menerima delivery atau take away dan tidak menerima makan di tempat (dine-in).

Terkait hal tersebut, ahli biologi molekuler Indonesia, Ahmad Utomo mengingatkan, bahwa virus corona mengincar orang-orang tanpa masker dobel.

“Ketika kita makan dan membuka masker, itu akan menjadi titik lemah. Karena itu, sangat penting untuk tidak berbicara saat tanpa masker,” ujarnya kepada Kompas.com, Selasa (27/7/2021).

Baca juga: 5 Cara Mencegah Penularan Covid-19 Saat Makan di Restoran

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.