POPULER SAINS: Gejala Covid-19 Singkat Seperti yang Dialami Raffi Ahmad | Lava Pijar Merapi Capai Batas Vegetasi

Kompas.com - 28/07/2021, 07:03 WIB
Pembawa acara Raffi Ahmad (kiri) berbincang dengan desainer Ivan Gunawan di Podcast Pak Igun. YouTube Ivan GunawanPembawa acara Raffi Ahmad (kiri) berbincang dengan desainer Ivan Gunawan di Podcast Pak Igun.

KOMPAS.com - Raffi Ahmad mengaku sempat terpapar Covid-19, tapi hanya sehari kemudian sembuh.

Apa yang sebenarnya terjadi pada orang yang mengalami gejala Covid-19 dalam waktu singkat menjadi salah satu berita populer Sains Kompas.com edisi Selasa, 27 Juli 2021.

Masih soal Covid-19, ahli pun menemukan bahwa tempat kerja bisa menjadi titik lengah penularan Covid-19. Bagaimana bisa?

Selain itu, ada 8 hal aneh yang akan terjadi jika benar planet Bumi itu datar.

Pada Minggu (25/7/2021) dan Senin (26/7/2021), lontaran lava pijar Gunung Merapi mencapai batas vegetasi. Apakah ini berbahaya dan apa yang harus diwaspadai masyarakat di sekitar Merapi?

Baca juga: POPULER SAINS: Varian Alpha Disebut Menyebar Lewat Pembibitan di Inggris | Apa Jadinya Jika Bumi Berhenti Berputar?

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Berikut rangkumannya:

1. Raffi Ahmad positif Covid-19 hanya sehari

Raffi Ahmad mengaku sembuh dari Covid-19 dalam waktu satu hingga dua hari saja. Meski sudah tidak merasakan gejala, Raffi memutuskan untuk memisahkan diri dari istrinya Nagita Slavina dan keluarga selama tiga minggu.

Raffi berujar, kesembuhannya dari Covid-19 yang terbilang singkat merupakan efek dari suntikan vaksin sebanyak dua kali.

"Alhamdulillah, karena kemarin gue vaksin, jadi antibodinya kuat," kata Raffi Ahmad dalam kanal YouTube Ivan Gunawan yang dikutip Kompas.com, Senin (26/7/2021).

"Tapi, kata dokter, ya mungkin karena vitamin D gue bagus," ucap Raffi Ahmad melanjutkan.

Berkaitan dengan hal tersebut, Dokter Spesialis Penyakit Dalam dr Hendra Gunawan, SpPD menerangkan, setelah terpapar virus corona biasanya pasien akan mengalami gejala dalam 5-6 hari. Ini yang disebut dengan masa inkubasi.

"Pada pasien dengan infeksi ringan, respons imun biasanya mampu mengendalikan infeksi," kata Hendra kepada Kompas.com, Selasa (27/7/2021).

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.