Kompas.com - 26/07/2021, 20:37 WIB
Lokasi gempa bermagnitudo 6,5 di Tojouna-una Sulawesi Tengah yang getarannya dirasakan hingga ke Gorontalo, Sulut dan Sulbar. KOMPAS.COM/Tangkapan LayarLokasi gempa bermagnitudo 6,5 di Tojouna-una Sulawesi Tengah yang getarannya dirasakan hingga ke Gorontalo, Sulut dan Sulbar.


KOMPAS.com - Gempa bumi tektonik M 6,5 kembali mengguncang di wilayah Teluk Tomini Kabupaten Tojo Una-una, Sulawesi Tengah malam ini pukul 19.09 WIB, Senin (26/7/2021). Warga di pesisir Bolaang dan Bunta diminta menjauhi pantai.

Berdasarkan hasil analisis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menunjukkan gempabumi ini berkekuatan M=6,5 yang selanjutnya dilakukan pemutakhiran menjadi  Mw=6,3.

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Bambang Setiyo Prayitno MSi mengatakan, episenter gempa bumi terletak pada koordinat 0,77° LS; 121,95° BT.

Lokasi tepatnya berada di laut pada jarak 58 km arah Timur Laut Kabupaten Tojo Una-Una, Sulawesi Tengah pada kedalaman 10 km.

Gempa Sulawesi Tengah hari ini, adalah kali kedua gempa besar mengguncang wilayah ini.

Baca juga: Gempa Hari Ini: M 5,9 Guncang Sulawesi Tengah Terasa Hingga Palu

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

 

Tadi pagi, pukul 10.52 WIB, Senin (26/7/2021), gempa bumi juga mengguncang wilayah Sulawesi Tengah dengan magnitudo M 5,9 yang setelah dilakukan pemutakhiran magnitudo gempa tektonik tersebut menjadi Mw=5,8 juga mengguncang Teluk Tomini, Kabupaten Tojo Una-una.

Episenter gempabumi tadi pagi terletak pada koordinat 0,74° LS ; 121,88° BT, dan lokasi tepatnya berada di laut pada jarak 55 km arah Timur Laut Kabupaten Tojo Una-Una, Sulawesi Tengah pada kedalaman 10 km.

Kendati berlokasi di laut, hasil pemodelan BMKG tidak menunjukkan adanya potensi tsunami. Namun, masyarakat masih diminta untuk mewaspadai daerah pesisir.

"Kepada masyarakat di Pesisir Bolaang dan Bunta agar menjauhi pantai dan diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," kata Bambang dalam keterangan tertulisnya terkait gempa yang kembali mengguncang Sulawesi Tengah.

Baca juga: Gempa Hari Ini: M 5,0 Guncang Sulawesi Tengah, Tidak Berpotensi Tsunami

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.