Gempa Hari Ini: M 5,0 Guncang Sulawesi Tengah, Tidak Berpotensi Tsunami

Kompas.com - 17/06/2020, 19:45 WIB
Ilustrasi gempa, gempa Banten ShutterstockIlustrasi gempa, gempa Banten

KOMPAS.com - Gempa bumi tektonik berkekuatan magnitudo M 5,0 mengguncang wilayah Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah, petang ini Rabu (17/6/2020).

Berdasarkan hasil analisis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika ( BMKG), gempa bumi ini memiliki parameter awal M 5,0 yang kemudian update dengan magnitudo M 4,8.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono ST Dipl Seis MSc, mengatakan bahwa episenter gempabumi terletak pada koordinat 2,75 LS dan 122,18 BT.

Lokasi tepatnya berada di laut pada jarak 26 kilometer arah Tenggara Morowali, Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah pada kedalaman 22 kilometer.

Baca juga: Waspada Sesar Aktif Gempa Bumi di Aceh, Begini Analisis BMKG

Menurut Rahmat, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas Sesar Matano segmen Geresa.

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan oblique turun atau oblique normal," kata dia.

Hasil pemodelan BMKG terhadap gempa bumi yang berlokasi di laut ini tidak menunjukkan ada potensi tsunami.

Kendati demikian, dampak getaran atau guncangan gempa bumi ini dirasakan di berbagai wilayah dengan skala intensitas bervariasi, seperti getaran dirasakan di wilayah Bahodopi dengan skala intensitas IV-V MMI.

"Getaran dirasakan hampir semua penduduk (Bahodopi), orang banyak terbangun," jelas dia.

Baca juga: 9 Aktivitas Gempa Kecil di Selat Sunda, BMKG Pastikan ini Gempa Swarm

Sementara, di wilayah Bungku, getaran dirasakan dengan skala intensitas IV MMI, di mana bila pada siang hari, umumnya akan dirasakan oleh banyak orang dalam rumah.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X