Kompas.com - 26/07/2021, 18:32 WIB
Ilustrasi daun salam, manfaat daun salam, khasiat daun salam. UNSPLASH/ MONIKA GRABKOWSKAIlustrasi daun salam, manfaat daun salam, khasiat daun salam.


KOMPAS.com - Daun salam adalah salah satu bahan rempah yang banyak digunakan masyarakat Indonesia saat memasak aneka olahan makanan. Selain membuat masakan lebih sedap, ternyata ada beberapa khasiat daun salam yang bermanfaat bagi kesehatan.

Secara turun-temurun daun salam ditambahkan ke dalam masakan untuk membuat masakan terasa lebih enak dan sedap rasanya.

Namun, tahukah Anda ternyata daun salam tidak hanya bermanfaat membuat makanan menjadi lebih lezat di lidah, tetapi memiliki banyak sekali khasiat untuk tubuh kita.

Kandungan dan khasiat daun salam

Guru Besar dalam Ilmu Botani Farmasi dan Farmakologi, Fakultas Farmasi Universitas Airlangga, Prof Dr apt Mangestuti Agil MS mengatakan, berbagai khasiat daun salam sudah terbukti melalui banyak hasil penelitian farmakologi.

Di antaranya seperti antidiabetik, antihypertensive, antioksidan, antikolesterol, dan antitumor.

Menurut Mangestuti, berbagai khasiat daun salam itu didapatkan dari beberapa zat yang diketahui memang terkandung di dalam daun salam adalah sebagai berikut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

  • Vitamin B2
  • Vitamin B3
  • Vitamin C
  • Tannin
  • Alkaloid
  • Steroid
  • Triterpenoid
  • Falvonoid

Baca juga: 5 Manfaat Daun Salam, Berpotensi Atasi Diabetes hingga Batu Ginjal

 

Berikut beberapa penelitian ilmiah yang telah dilakukan untuk membuktikan efek farmakologi dari khasiat daun salam.

1. Penurunan kadar kolesterol dalam darah

Penelitian oleh peneliti Indonesia untuk mempelajari efek penurunan kadar kolesterol serum dan hubungan dengan aktivitas antioksidan daun salam. 

Dari penelitian in vitro diketahui bahwa telah terjadi penurunan kadar kolesterol serum karena terdapatnya senyawa kandungan polifenol dengan aktivitas antioksidan dan penghambatan aktivitas HMG-CoA reductase.

HMG-CoA reductase (3-hydroxy-3-methyl-glutaryl-coenzyme A reductase), adalah enzim yang mengendalikan jalur sintesis kolesterol. 

2. Antidiabetik

Kadar gula darah tinggi, yang disebut diabetes, adalah gangguan metabolik, yang kalau tidak dikendalikan dapat merusak organ tubuh seperti ginjal, mata dan jantung. Stroke dan impotensi juga dapat terjadi karena kadar gula darah tinggi. 

Khasiat dari ekstrak air daun salam yang diujikan pada hewan percobaan tikus yang mengalami diabetes terbukti bisa menurunkan kadar gula darahnya.

Baca juga: 13 Manfaat Daun Salam, Atasi Asam Urat hingga Cegah Rambut Rontok

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.