Kompas.com - 13/05/2021, 18:02 WIB
Ilustrasi daun salam kering. PIXABAY/ KROPEKK PLIlustrasi daun salam kering.

KOMPAS.comDaun salam adalah tanaman herbal yang banyak digunakan untuk menyedapkan masakan. Selain memiliki aroma dan rasan yang khas, ternyata daun salam memiliki segudang manfaat bagi tubuh Anda.

Dilansir dari NCBI (20/9/2019), berikut manfaat daun salam bagi kesehatan.

Menurunkan asam urat

Daun salam memiliki kandungan flavonoid yang bermanfaat untuk mengurangi kadar asam urat dalam darah. Cara mengonsumsinya adalah dengan merebus daun salam dengan air, lalu diminum air rebusannya.

Antiinflamasi

Ekstrak daun salam terbukti memiliki efek antiradang atau antiinflamasi pada tubuh, bahkan dalam waktu 5 jam setelah dikonsumsi. Sebagai efek lanjutan dari antiinflamasi, daun salam juga terbukti meredakan nyeri.

Menurunkan tekanan darah tinggi

Kandungan flavonoid dan antioksidan tinggi dalam daun salam menunjukkan khasiat untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Bahkan, daun salam juga meningkatkan kandungan kolesterol baik dalam darah.

Baca juga: Daftar Herbal untuk Kolesterol, Cara Alami Turunkan Kolesterol

Namun, salah satu studi yang menguji efektivitas air rebusan daun salam sebagai antihipertensi menemukan bahwa air rebusan daun salam hanya berpengaruh pada tekanan darah sistol dan tidak berpengaruh pada tekanan darah diastol.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Meyembuhkan luka

Sebuah penelitian yang dipublikasikan di NCBI pada 2006 menunjukkan bahwa luka yang dirawat engan ekstrak daun salam memiliki sel antiinflamasi yang lebih tinggi dan kolagen yang lebih rendah dibandingkan dengan perawatan lain.

Antioksidan tinggi

Ekstrak daun salam menunjukkan kandungan antioksidan yang sangat tinggi dan bermanfaat banyak bagi tubuh manusia, seperti melawan radikal bebas dan mencegah penuaan.

Antikonvulsan

Sebuah penelitian yang dipublikasikan di PubMed NCBI tahun 2002 menunjukkan bahwa daun salam memiliki efek antikonvulsan atau bisa digunakan untuk meredakan kejang.

Meningkatkan imun

Mengonsumsi air rebusan daun salam bisa meningkatkan fagositosis dalam darah dan leukosit yang mengaktifkan respon imun tubuh.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X