Kompas.com - 12/05/2021, 18:30 WIB
Ilustrasi makan seimbang untuk mengontrol asupan kalori Unsplash/Brooke LarkIlustrasi makan seimbang untuk mengontrol asupan kalori
Penulis Lulu Lukyani
|

KOMPAS.com – Kalori merupakan ukuran energi dari makanan dan minuman yang jumlah asupannya harus dikelola.

Jika ingin menurunkan berat badan, kalori yang dikonsumsi harus lebih sedikit daripada yang dibakar oleh tubuh.

Meski demikian, mengurangi kalori tanpa mempertimbangkan jenis makanan yang dikonsumsi bukan cara yang tepat untuk menurunkan berat badan.

Misalnya, memilih lebih banyak makanan padat nutrisi akan lebih menguntungkan kesehatan daripada makanan yang miskin nutrisi.

Dengan perubahan pola makan yang tidak tepat, penurunan berat badan mungkin berhasil namun akhirnya akan kembali ke pola makan yang lama.

Baca juga: Manfaat Tertawa untuk Kesehatan, Tingkatkan Imun hingga Bakar Kalori

Oleh sebab itu, sangat disarankan untuk membuat perubahan pola makan untuk jangka panjang yang mempertahankan defisit kalori tanpa merasa kelaparan.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Lantas, berapa rata-rata kalori yang dibutuhkan untuk diet dan menurunkan berat badan?

Jawaban untuk pertanyaan ini bergantung pada banyak faktor, termasuk usia, tinggi badan, berat badan, tingkat aktivitas, kesehatan metabolik, dan beberapa faktor lainnya.

Dilansir dari Healthline, 16 Oktober 2020, ketika mencoba menurunkan berat badan, aturan umumnya adalah mengurangi asupan kalori hingga 500 kalori lebih daripada kalori yang dibutuhkan untuk mempertahankan berat badan.

Dengan mengurangi sekitar 500 kalori, penurunan berat badan bisa mencapai 0,45 kg per minggu.

Baca juga: Waspadai, 4 Efek Samping Diet Rendah Kalori yang Cepat Turunkan Berat Badan

Halaman:


Sumber Healthline
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X