Kompas.com - 25/07/2021, 10:34 WIB
Ilustrasi monyet. SHUTTERSTOCKIlustrasi monyet.
Penulis Lulu Lukyani
|

KOMPAS.com – Seorang dokter hewan asal China meninggal dunia setelah tertular penyakit menular langka dari primata yang dikenal sebagai virus Monkey B.

Menurut laporan Centers for Disease Control and Prevention (CDC) China, pria berusia 53 tahun tersebut bekerja di lembaga penelitian yang fokus pada pembiakan primata bukan manusia dan membedah dua ekor monyet mati pada bulan Maret 2021.

Sebulan kemudian, dokter itu mengalami mual, muntah, dan demam hingga akhirnya meninggal dunia pada 27 Mei 2021.

Sampel darah dan air liurnya dikirim ke pusat pada bulan April dan peneliti menemukan bukti adanya virus Monkey B.

Dilansir dari The Washington Post, kasus ini merupakan kasus virus Monkey B yang menular pada manusia yang pertama tercatat di China.

Baca juga: Studi: Virus Flu Musiman Mungkin Sudah Ada Sebelum Manusia Modern

Apa itu virus Monkey B?

Dilansir dari CDC, infeksi virus Monkey B sangat jarang terjadi, namun ia bisa menyebabkan kerusakan otak yang parah hingga kematian.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Orang bisa terkena virus ini jika mereka digigit atau dicakar oleh monyet yang terinfeksi atau melakukan kontak dengan mata, hidung, dan mulut monyet.

Umumnya, virus Monkey B dapat ditemukan di air liur, kotoran, urin, jaringan otak, hingga sumsum tulang belakang monyet.

Virus yang dikenal dengan nama herpes B ini dapat bertahan selama berjam-jam di permukaan, terutama di kondisi yang lembap.

Kebanyakan orang tidak akan bersentuhan langsung dengan monyet sehingga risiko terinfeksi virus Monkey B terbilang rendah.

Baca juga: Virus Berusia 15.000 Tahun Ditemukan di Dataran Tinggi Tibet

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.