[POPULER SAINS] Ribuan Anak Meninggal Setiap Minggu Selama Pandemi | Indonesia Berpotensi Hadapi Dobel Puncak Covid-19

Kompas.com - 15/06/2021, 07:04 WIB
Ilustrasi tes Covid-19 pada anak Shutterstock/Ann KosolapovaIlustrasi tes Covid-19 pada anak

KOMPAS.com - Semua orang bisa terinfeksi Covid-19, tak terkecuali anak-anak. Namun sayangnya, data yang menunjukkan berapa jumlah anak-anak yang terinfeksi Covid-19 sangat minim.

Dari data mandiri yang dikumpulkan Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), jumlah kasus Covid-19 pada anak mencapai 11-12 persen, dengan angka kematian naik 50 persen selama pandemi.

Ini adalah salah satu berita populer Sains Kompas.com edisi Senin, 14 Juni 2021.

Bagaimana cara mencegah anak terpapar Covid-19 karena varian baru virus corona masuk ke Indonesia juga menjadi berita populer lainnya.

Kemudian, para ahli mengingatkan bahwa Indonesia berpotensi menghadapi dobel puncak Covid-19 pada akhir Juni hingga akhir Juli nanti.

Adanya potensi lonjakan kasus Covid-19, ahli menegaskan untuk mengubah strategi penanganan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: [POPULER SAINS] NASA Temukan Planet Mirip Bumi | 3 Obat Asam Lambung

Berikut ulasan selengkapnya:

1. Kasus Covid-19 pada anak Indonesia, ribuan anak meninggal setiap minggu

Ketua Pengurus Pusat Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), Prof. Dr. dr. Aman Bhakti Pulungan, Sp.A, mengatakan bahwa kasus Covid-19 pada anak di Indonesia sekitar 11-12 persen. Ini termasuk kasus Covid-19 anak yang tertinggi di dunia.

Masalahnya, jumlah kematian anak balita selama pandemi meningkat hampir 50 persen. Setidaknya ada 1.000 kematian anak di Indonesia setiap minggunya.

Memang sejak awal banyak ahli, termasuk Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan UNICEF mengatakan bahwa kasus Covid-19 pada anak jarang terjadi.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X