Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER SAINS] Penyebab Kasus Covid-19 di Bangkalan Madura Naik | Makanan untuk Naikkan Berat Badan

Kompas.com - 09/06/2021, 07:02 WIB
Gloria Setyvani Putri

Penulis

KOMPAS.com - Selama sepekan terakhir, lonjakan kasus Covid-19 di Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur meningkat drastis usai libur Lebaran Idul Fitri 2021. Ahli menilai ada beberapa penyebab yang memicu peningkatan kasus penularan virus corona.

Penyebab naiknya kasus Covid-19 di Bangkalan, Madura adalah salah satu berita terpopuler Sains Kompas.com edisi Selasa, 8 Juni 2021.

Selain itu, besok ada fenomena gerhana matahari cincin (GMC) yang bisa dilihat di belahan bumi utara. Kendati tidak bisa melihat langsung, Indonesia bisa mengamati dari link yang dibagikan NASA.

Berita populer lainnya adalah tentang makanan yang bisa menaikkan berat badan juga makna penting ayam di kehidupan ribuan tahun lalu.

Baca juga: [POPULER SAINS] Kemarin Siang Ada Hujan Meteor | Gerhana Matahari Cincin 10 Juni

Berikut ulasannya:

1. Penyebab lonjakan kasus Covid-19 di Bangkalan, Madura

Tenaga Kesehatan di pos penyekatan Tol Suramadu Sisi Madura di Perumahan Toko Desa Petapan Kecamatan Labang Bangkalan Madura Jawa Timur, Senin (7/6/2021).KOMPAS.COM/MUCHLIS Tenaga Kesehatan di pos penyekatan Tol Suramadu Sisi Madura di Perumahan Toko Desa Petapan Kecamatan Labang Bangkalan Madura Jawa Timur, Senin (7/6/2021).

Hingga hari Minggu (6/6/2021), ada 25 kasus pasien baru yang positif Covid-19, kemudian 2 pasien Covid-19 meninggal dunia dan 17 orang dinyatakan suspek corona.

Berdasarkan data dari Satgas Penanganan Covid-19, Minggu (6/6/2021), kasus kumulatif Covid-19 di Bangkalan, tercatat ada sebanyak 1.779 orang.

Sebanyak 1.520 pasien dinyatakan pulih, 180 orang dinyatakan meninggal dunia dan sebanyak 79 pasien masih menjalani perawatan.

Sejauh ini, ada beberapa faktor yang menyebabkan lonjakan kasus Covid-19 terjadi di Bangkalan, Madura. Di antaranya sebagai berikut:

  • Mobilitas libur Lebaran
  • Disiplin prokes yang buruk
  • Testing yang sangat buruk

Baca selengkapnya di sini:

3 Penyebab Lonjakan Kasus Covid-19 di Bangkalan Madura, Apa Saja?

2. Gerhana matahari cincin tak bisa dilihat dari Indonesia, ini linknya

Wajah Matahari pada saat puncak Gerhana Matahari Cincin 29 Rabiul Akhir 1441 H / 26 Desember 2019 lalu. Diabadikan oleh tim kolaborasi Lembaga Falakiyah PWNU Aceh bersama Kementerian Agama Kanwil Aceh. Alfirdaus Putra Salma, 2019. Wajah Matahari pada saat puncak Gerhana Matahari Cincin 29 Rabiul Akhir 1441 H / 26 Desember 2019 lalu. Diabadikan oleh tim kolaborasi Lembaga Falakiyah PWNU Aceh bersama Kementerian Agama Kanwil Aceh.

Gerhana Matahari Cincin 10 Juni 2021 sayangnya tidak bisa disaksikan di langit Indonesia.

Sementara itu, wilayah seperti Greenland, Islandia, Eropa, Rusia, negara-negara Asia Tengah dan Tiongkok bagian Barat dapat menyaksikan fenomena langit Gerhana Matahari Sebagian.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com