Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

[POPULER SAINS] Ribuan Anak Meninggal Setiap Minggu Selama Pandemi | Indonesia Berpotensi Hadapi Dobel Puncak Covid-19

KOMPAS.com - Semua orang bisa terinfeksi Covid-19, tak terkecuali anak-anak. Namun sayangnya, data yang menunjukkan berapa jumlah anak-anak yang terinfeksi Covid-19 sangat minim.

Dari data mandiri yang dikumpulkan Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), jumlah kasus Covid-19 pada anak mencapai 11-12 persen, dengan angka kematian naik 50 persen selama pandemi.

Ini adalah salah satu berita populer Sains Kompas.com edisi Senin, 14 Juni 2021.

Bagaimana cara mencegah anak terpapar Covid-19 karena varian baru virus corona masuk ke Indonesia juga menjadi berita populer lainnya.

Kemudian, para ahli mengingatkan bahwa Indonesia berpotensi menghadapi dobel puncak Covid-19 pada akhir Juni hingga akhir Juli nanti.

Adanya potensi lonjakan kasus Covid-19, ahli menegaskan untuk mengubah strategi penanganan.

Berikut ulasan selengkapnya:

1. Kasus Covid-19 pada anak Indonesia, ribuan anak meninggal setiap minggu

Ketua Pengurus Pusat Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), Prof. Dr. dr. Aman Bhakti Pulungan, Sp.A, mengatakan bahwa kasus Covid-19 pada anak di Indonesia sekitar 11-12 persen. Ini termasuk kasus Covid-19 anak yang tertinggi di dunia.

Masalahnya, jumlah kematian anak balita selama pandemi meningkat hampir 50 persen. Setidaknya ada 1.000 kematian anak di Indonesia setiap minggunya.

Memang sejak awal banyak ahli, termasuk Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan UNICEF mengatakan bahwa kasus Covid-19 pada anak jarang terjadi.

Namun dikatakan Aman, dari data yang dilihat IDAI, ada banyak kasus Covid-19 pada anak.

Selengkapnya baca di sini:

Kasus Covid-19 Pada Anak, IDAI: Setiap Minggu Ribuan Anak Meninggal

2. Cara mencegah anak terpapar Covid-19

Sangat penting menjaga anak-anak tetap terlindungi dari paparan virus corona. Salah satunya dengan menjaga daya tahan tubuh anak.

Dijelaskan dr. Robert Soetandio, Sp.A, M.Si.Med Dokter Spesialis Anak RS Pondok Indah, daya tahan tubuh ibarat mekanisme pertahanan tubuh anak dalam melawan penyakit.

“Ketika tubuh sehat, sistem kekebalan tubuh berarti sedang bekerja optimal,” katanya kepada Kompas.com.

Lebih lanjut ia mengatakan, ada banyak cara yang dapat dilakukan orangtua untuk meningkatkan daya tubuh anak dalam melawan berbagai kuman, virus, dan bakteri.

Selengkapnya baca di sini:

Varian Baru Virus Corona Masuk ke Indonesia, Bagaimana Cara Mencegah Anak Terpapar Covid-19?

3. Potensi dobel puncak Covid-19

Lonjakan kasus Covid-19 di sejumlah daerah di Indonesia semakin banyak dilaporkan. Ahli mengingatkan bahwa Indonesia bisa berpotensi menghadapi dobel puncak kasus Covid-19.

Epidemiolog Griffith University, Dicky Budiman, mengatakan bahwa gelombang pertama Covid-19 di Indonesia akan mencapai puncaknya pada akhir Juni hingga awal Juli 2021.

"Ini adalah akumulasi perjalanan selama satu tahun, dan (kondisi) saat ini diperburuk dengan varian Aplha dari UK (Inggris)," kata Dicky saat dihubungi Kompas.com, Senin (14/6/2021).

Dicky mengungkapkan bahwa penyebaran varian baru virus corona, Alpha, menyebabkan peningkatan kecepatan angka kesakitan dan banyaknya kasus Covid-19.

Kondisi lonjakan Covid-19 di Indonesia yang tampak saat ini, kata Dicky, baru awal.

"Sedangkan (puncak gelombang Covid-19) yang disebabkan oleh varian Delta, kemungkinan terjadi pada Juli, bisa pertengahan atau akhir Juli," jelas Dicky.

Selengkapnya baca di sini:

Indonesia Berpotensi Hadapi Dobel Puncak Kasus Covid-19, Ini Penyebabnya

4. Saatnya ubah strategi pencegahan Covid-19

Sejumlah daerah di Indonesia telah melaporkan lonjakan kasus Covid-19 yang tinggi pascalibur Lebaran lalu.

Ahli ingatkan bahwa dengan kondisi saat ini, sudah saatnya pemerintah pusat dan daerah mengubah strategi dalam menangani pandemi virus corona ini.

"Gelombang pertama (kasus Covid-19 di Indonesia), akan mencapai puncaknya pada akhir Juni sampai awal Juli ini," kata Epidemiolog Griffith University Dicky Budiman saat dihubungi Kompas.com, Senin (14/6/2021).

Selain akibat dari akumulasi kasus Covid-19 selama satu tahun pandemi, penyebab kenaikan kasus ini juga karena penyebaran varian-varian baru virus corona.

Apa yang harus dilakukan pemerintah? Ini saran ahli:

Lonjakan Kasus Covid-19 di Indonesia, Ahli Ingatkan untuk Ubah Strategi

https://www.kompas.com/sains/read/2021/06/15/070400723/populer-sains-ribuan-anak-meninggal-setiap-minggu-selama-pandemi-indonesia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke