Kompas.com - 12/06/2021, 12:00 WIB
Ilustrasi cara menambah tinggi badan ShutterstockIlustrasi cara menambah tinggi badan

KOMPAS.com - Sebagian orang kurang puas dengan tinggi badan mereka. Mereka sering melakukan berbagai cara untuk menjadi lebih tinggi. Adakah cara untuk menjadi lebih tinggi?

Faktor yang memengaruhi tinggi

Tinggi badan seseorang dipengaruhi oleh beberapa faktor. Faktor tersebut antara lain genetik, jenis kelamin, kondisi medis, nutrisi, dan olahraga. Genetik adalah faktor utama dari tinggi seseorang. Jika seseorang memiliki orangtua yang tinggi, maka besar kemungkinan ia juga akan tinggi.

Faktor kedua yang cukup memengaruhi adalah jenis kelamin. Wanita memiliki potensi tinggi lebih pendek dibandingkan dengan pria.

Selain itu, terdapat beberapa kondisi medis yang bisa memengaruhi tinggi seseorang. Beberapa di antaranya adalah gigantisme, dwarfisme, dan down syndrome.

Nutrisi juga memegang peranan penting untuk menentukan tinggi seseorang. Orang yang mendapatkan nutrisi yang cukup akan bisa memaksimalkan potensi pertumbuhan seseorang, termasuk tinggi badannya.

Baca juga: Tidak Hanya Susu, Ini 7 Makanan yang Mengandung Kalsium Tinggi

Studi menunjukkan semakin ke sini, orang cenderung memiliki tinggi badan yang lebih tinggi dari masa sebelumnya. Rata-rata tinggi badan orang lebih tinggi di tahun 1996 daripada tahun 1896. Diduga ini dipengaruhi asupan nutrisi yang semakin baik.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Aktif berolahraga juga bisa membuat badan lebih tinggi. Aktif bergerak akan memicu produksi hormon pertumbuhan lebih banyak. Hormon pertumbuhan akan membuat tulang untuk tumbuh lebih panjang.

Masa pertumbuhan

Puncak pertumbuhan seseorang itu terjadi pada masa pubertas. Pada wanita, puncaknya terjadi pada usia 14-15 tahun. Sedangkan pada pria, puncak pertumbuhan tejadi pada usia 16 tahun.

Namun, sangat jarang seseorang bisa menambah tingginya setelah usia 19 tahun. Alasannya adalah pada usia ini, lempeng pertumbuhan akan berhenti berkembang.

Lempeng pertumbuhan atau growth plate adalah tulang trawan yang terletak pada ujung-ujung tulang panjang. Lempeng inilah yang bertanggung jawab untuk pertumbuhan tulang. Lempeng ini juga disebut dengan epiphyseal plates.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X