Kompas.com - 31/05/2021, 10:03 WIB
Ilustrasi tahu, makanan yang mengandung kalsium freepikIlustrasi tahu, makanan yang mengandung kalsium

KOMPAS.com - Tubuh membutuhkan kalsium tinggi. Kalsium pada tubuh dibutuhkan untuk kesehatan tulang dan gigi, serta baik untuk kesehatan jantung, otot, dan saraf.

Angka kebutuhan harian kalsium pada orang dewasa adalah 1.000 miligram per hari. Sedangkan pada wanita yang sudah menopause dan orang tua di atas 70 tahun membutuhkan 1.200 miligram kalsium per hari.

Anak-anak membutuhkan kalsium paling banyak karena sedang dalam masa pertumbuhan. Anak-anak membutuhkan kalsium 1.300 miligram per hari.

Namun, menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan melalui NCBI pada tahun 2017, sebagai besar orang di dunia tidak memenuhi kebutuhan harian kalsium mereka.

Padahal banyak makanan yang mengandung kalsium. Selama ini kebanyakan orang berpikir bahwa sumber kalsium tinggi hanya terdapat pasa susu dan produk susu saja.

Dilansir dari Health Line (27/7/2018), berikut makanan yang mengandung kalsium tinggi selain susu.

Baca juga: Peneliti Ungkap Asal-muasal Kalsium pada Tulang dan Gigi Manusia

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Biji-bijian

Disamping ukurannya yang sangat kecil, ternyata biji-bijian banyak yang mengandung kalsium tinggi. Beberapa biji-bijian yang memngandung kalsium antara lain poppy seed, biji wijen, dan chia seed.

Pada satu sendok makan poppy seed terkandung 126 miligram kalsium atau setara dengan 13% dari kebutuhan kalsium harian Anda. Selain itu, satu sendok biji wijen mengandung 9% kebutuhan kalsium harian.

Biji bunga matahari juga mengandung kalsium tinggi. Secangkir biji bunga matahari mengandung 108 mg kalsium. Selain itu biji bunga matahari juga kaya akan vitamin E.

Keju

Hampir semua jenis keju merupakan sumber kalsium yang baik. Kalsium tertinggi terkandung di dalam keju parmesan. Dalam 28 gram keju parmesan terkandung 331 miligram kalsium atau 33% kebutuhan kalsium Anda.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.