Kompas.com - 20/05/2021, 20:02 WIB
Raksasa Cerne Abbas menjadi misteri karena tak diketahui kapan serta alasan mengapa gambar itu dibuat newscientistRaksasa Cerne Abbas menjadi misteri karena tak diketahui kapan serta alasan mengapa gambar itu dibuat

KOMPAS.com - Selama ini arkeolog dibuat bingung dengan gambar sosok raksasa yang ada di lereng bukit yang menghadap ke desa Cerne Abbas di Inggris selatan.

Sosok berukuran besar yang kemudian disebut Raksasa Cerne Abbas ini menjadi teka-teki karena tak diketahui siapa pembuat dan untuk apa gambar itu diukir.

Gambar tersebut memperlihatkan sosok pria dengan penis besar dan mungkin ereksi, sedang memegang pentungan.

Gambar dibuat dengan cara menggali parit ke lereng bukit lalu mengisinya dengan kapur putih.

Baca juga: Ahli Temukan Ukiran Kuno Berusia 8.000 Tahun di Kawah Terbesar Bumi

Referensi paling awal yang diketahui tentang raksasa itu berasal dari tahun 1694 yang terdapat pada catatan gereja di Cerne Abbas. Selain itu, tak ada catatan apapun terkait sang raksasa. 

Hal inilah yang membuat para ahli berdebat selama beberapa dekade, soal kapan dan mengapa ukiran dibuat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun kini, setelah terbengkelai sekian lama, arkeolog mulai mengungkap misteri seputar sosok raksasa setinggi 55 meter itu.

Mengutip dari New Scientist, Kamis (20/5/2021) studi arkeologi baru yang dilakukan oleh UK National Trust berhasil memperkirakan bahwa sosok Cerne Abbas berasal dari abad pertengahan atau periode Saxon akhir.

Hasil analisis itu ternyata di luar dugaan. Karena sebelumnya, ahli berpendapat bahwa Cerne Abbas berasal dari masa prasejarah.

"Ini bukan yang diharapkan. Banyak arkeolog dan sejarawan mengira bahwa sosok itu berasal dari prasajarah atau pasca-abad pertengahan. Tetapi bukan abad pertengahan. Dan ini membuat hasil riset menjadi makin menarik," ungkap Mike Allen, ahli geoarkeologi independen yang bekerja dengan National Trust dalam studi ini.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.