Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Manfaat Berjalan Kaki, Cara Mudah Hidup Sehat

Kompas.com - 13/05/2021, 20:32 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

KOMPAS.comBerjalan kaki adalah cara beolahraga yang paling mudah untuk menjaga ksesehatan Anda. Hanya dengan berjalan kaki 30 menit sehari, Anda bisa meningkatkan kesehatan jantung, menguatkan tulang, mengurangi lemak berlebih pada tubuh, derta meningkatkan kekuatan otot.

Berjalan kaki tidak seperti olahraga lain yang membutuhkan peralatan atau latihan khusus. Anda bisa melakukannya dimana saja dan kapan saja.

Karena ringan dan memiliki resiko yang kecil, berjalan kaki juga bisa menjadi pilihan olahraga bagi orang yang obesitas, orang tua, dan orang yang sudah lama tidak berolahraga.

Manfaat berjalan kaki

Berjalan kaki 30 menit sehari selama 5 hari berturur-turut terbukti menurunkan resiko penyakit jantung koroner hingga 19%. Persentase ini akan bertambah jika Anda menambar durasi atau jarak yang Anda tempuh ketika berjalan kaki.

Baca juga: Hal yang Terjadi pada Tubuh Saat Berjalan Kaki

Selain itu, berjalan kaki terbukti melindungi persendian, termasuk lutu dan panggul. Pada penderita artritis, berjalan kaki bisa mengurangi rasa nyeri pada lutut akibat artritis.

Berjalan kaki juga menambah imunitas tubuh. Orang yang rutin berjalan kaki, mengalami flu 43% lebih sebentar dibandingkan orang yang tidak berolahraga.

Selain manfaat yang terasa pada fisik tubuh Anda, berjalan kaki juga menaikkan suasana hati dan membuat Anda menjadi lebih kreatif.

Berjalan kaki 30 menit sehari

Cobalah berjalan 30 menit sehari dengan kecepatan yang tepat. Cara mudahnya adalah ketika Anda sudah berjalan cukup cepat dan masih bisa berbicara, namun sudah tidak bisa bernyanyi. Maka Anda sudah berjalan dengan kecepatan yang tepat.

Jika 30 menit terlalu sulit untuk Anda, Anda bisa mencobanya mulai dari 10 menit sehari dan perlahan meningkatkan durasi Anda berjalan kaki.

Jadikan sebagai rutinitas

Cobalah berjalan kaki pada jam yang sama setiap hari. Untuk menambah durasi berjalan kaki Anda, Anda bisa menggunakan tangga saat di kantor, dibandingkan menggunakan lift. Selanjutnya, cobalah turun agak jauh dari kantor dan berjalan kaki hingga kantor.

Menggunakan pedometer

Pedometer berguna untuk menghitung langkah yang Anda tempuh. Ini bisa memotivasimu untuk melakukan lebih. Langkah yang direkomendasikan adalah 10.000 langkah per hari untuk mencapai efek maksimal dari berjalan kaki.

Selain pedometer, sekarang juga sudah banyak smart watch yang memiliki fitur untuk menghitung langkah. Gunakan yang pailng nyaman untuk Anda.

Tingkatkan intensitas berjalan

Jika Anda sudah terbiasa dengan berjalan, Anda bisa meningkatkan intensitas dengan cara berjalan menaiki bukit, berjalan dengan membawa beban, berjalan lebih lama, atau berjalan lebih cepat.

Baca juga: Dilema Jalan Kaki di Indonesia dan Dampaknya pada Kesehatan

Pemanasan dan pendinginan

Pemanasan yang paling efektif adalah berjalan kaki dengan meningkatkan kecepatan perlahan-lahan. Setelah beres berjalan kaki, lakukan peregangan pada kedua kaki setidaknya 20 detik.

Gunakan sepatu yang tepat

Jika Anda tidak menggunakan sepatu yang nyaman dan menopang kaki dengan baik, Anda beresiko mengalami cedera otot atau lecet pada kaki.

Berjalan kaki bisa menjadi langkah Anda untuk memulai hidup sehat dengan mudah. Semoga sehat selalu, ya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com