Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER SAINS] Bahaya Mandi Kotoran Sapi di India | Kalap Makan Saat Lebaran, Cara Turunkan Kolesterol

Kompas.com - 13/05/2021, 09:02 WIB
Gloria Setyvani Putri

Penulis

KOMPAS.com - Lonjakan kasus Covid-19 yang tak kunjung mereda di India membuat warganya berbondong-bondong mengantre mandi kotoran dan urin sapi.

Mereka percaya, kotoran sapi dapat menangkal virus corona dan membuat orang yang mengidap Covid-19 sembuh.

Tentu saja kepercayaan ini ditentang para dokter India. Tidak ada bukti ilmiah yang menunjukkan keefektifannya menangkal Covid-19. Alih-alih sembuh, justru bisa memicu penyakit lain.

Ini adalah salah satu berita populer Sains Kompas.com edisi Rabu, 12 Mei 2021. Apa saja yang menarik di Sains? Baca ulasannya di sini.

Baca juga: [POPULER SAINS] 1 Syawal 1442 H Jatuh Besok Kamis | Alasan Idul Fitri Tahun Ini Bertepatan dengan Kenaikan Isa Almasih

1. Soal kepercayaan mandi kotoran sapi menangkal Covid-19

Banyak orang India yang percaya bahwa melumuri tubuh dengan urin dan kotoran sapi dapat menangkal virus corona yang saat ini menyebar luas di negara itu. Dokter India menegaskan, praktik ini salah.Amit Dave/Reuters Banyak orang India yang percaya bahwa melumuri tubuh dengan urin dan kotoran sapi dapat menangkal virus corona yang saat ini menyebar luas di negara itu. Dokter India menegaskan, praktik ini salah.

Para dokter di India memperingatkan, kepercayaan mandi kotoran sapi untuk menangkal Covid-19 tidak ada manfaatnya.

Dokter menekankan, praktik tersebut tidak didasari bukti ilmiah. Alih-alih kebal virus, melumuri tubuh dengan kotoran sapi justru berisiko menyebarkan penyakit lain.

Dokter dan ilmuwan di India dan di seluruh dunia telah berulang kali memperingatkan agar tidak mempraktikkan pengobatan alternatif untuk Covid-19.

Mereka menegaskan, praktik seperti ini dapat memberi rasa aman yang salah dan justru memperumit masalah kesehatan.

“Tidak ada bukti ilmiah yang konkrit bahwa kotoran sapi atau urinnya mampu meningkatkan kekebalan tubuh untuk melawan Covid-19. Ini sepenuhnya hanya mitos," kata Dr JA Jayalal, presiden nasional di Indian Medical Association, dilansir dari Reuters, Selasa (11/5/2021).

“Yang ada justru muncul risiko kesehatan jika seseorang mengolesi kotoran sapi dan urinnya ke tubuh. Penyakit lain dapat menyebar dari hewan ke manusia."

Baca selengkapnya tentang praktik mandi kotoran sapi di India, di sini:

Dokter India Peringatkan Bahaya Mandi Kotoran Sapi untuk Cegah Corona

2. Foto baru Jupiter, tampak dinamika atmosfer

Foto baru planet Jupiter ditangkap teleskop luar angkasa NASA Hubble. Ketiga gambar planet terbesar di Tata Surya ini diambil dalam tiga panjang gelombang berbeda. Dari gambar tersebut terungkap dinamika atmosfer Jupiter.International Gemini Observatory/NOIRLab/NSF/AURA/NASA/ESA, M.H.Wong anda I.de Pater/UC Berkeley via SPACE.com Foto baru planet Jupiter ditangkap teleskop luar angkasa NASA Hubble. Ketiga gambar planet terbesar di Tata Surya ini diambil dalam tiga panjang gelombang berbeda. Dari gambar tersebut terungkap dinamika atmosfer Jupiter.

Dilansir dari Space, Rabu (12/5/2021), ketiga gambar Jupiter menunjukkan badai super yang ada di planet ini.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com