Kompas.com - 20/04/2021, 19:30 WIB
Ilustrasi diet. SHUTTERSTOCKIlustrasi diet.

KOMPAS.com - Berpuasa di bulan ramadhan bukan hanya untuk ibadah dan mencari pahala sebanyak-banyaknya.

Namun lebih dari itu, berpuasa ternyata memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan, bahkan penurunan berat badan.

Bagi Anda yang memiliki berat badan berlebih, Anda dapat memanfaatkan momentum puasa ini sebagai waktu yang tepat untuk sekaligus melakukan program penurunan berat badan.

Baca juga: Apakah Puasa Ramadhan Bisa Menurunkan Berat Badan?

Sebenarnya, selama bulan Ramadhan ini kita sudah melakukan salah satu program diet yang cukup populer, yaitu intermiten fasting atau puasa intermiten.

Intermetin fasting adalah diet yang mengatur pola makan, waktu makan, dan makanan yang dikonsumsi.

Dari seluruh penelitian tentang intermiten fasting ini, selain akan menurunkan berat badan yang signifikan, juga dapat menurunkan gula darah, kolesterol, tekanan darah, dan lain sebagainya.

Lalu bagaimana cara yang tepat menurunkan berat badan dengan diet dan olahraga selama bulan puasa?

Dokter Spesialis Gizi Klinik, Dr. Yohan Samudra mengatakan, sebenarnya cara untuk menurunkan berat badan ini, tetap pada prinsip menghitung kalori yang masuk.

"Namun yang menjadi masalah adalah ketika memakan takjil ataupun camilan yang biasanya tinggi akan kalori," kata Dr. Yohan dalam LiveStreaming Facebook Sainstalk yang diselenggarakan oleh Kanal Sains Kompas.com bertajuk 'Meningkatkan Imunitas Selama Berpuasa', Jumat (9/4/2021).

Ketika ingin menurunkan berat badan, kita tentu membutuhkan makanan yang mengenyangkan, namun dengan kalori yang rendah.

Maka dari itu, Yohan menyarankan untuk memilih satu jenis takjil saja, agar tidak memicu kenaikan berat badan, serta dilanjutkan dengan mengonsumsi makanan yang seimbang.

Baca juga: 5 Menu Sahur yang Menjaga Tubuh Tetap Berenergi Selama Puasa

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X