Kompas.com - 20/04/2021, 12:30 WIB
Ilustrasi membersihkan telinga. ShutterstockIlustrasi membersihkan telinga.
Penulis Lulu Lukyani
|

KOMPAS.com – Menggunakan cotton bud atau lidi kapas merupakan cara membersihkan telinga yang paling umum dan banyak dilakukan.

Memasukkan cotton bud ke dalam telinga dimaksudkan untuk mengambil kotoran yang menumpuk di dalam telinga dan membuat telinga kembali bersih.

Namun, banyak pula yang menyarankan untuk tidak membersihkan telinga dengan cotton bud karena khawatir akan membahayakan telinga.

Lantas, bagaimana cara membersihkan telinga dengan benar dan aman? Apakah telinga memang perlu dibersihkan? Jika iya, kapan waktu yang tepat untuk membersihkan telinga?

Dilansir dari WebMD, 19 Oktober 2020, saluran telinga, idealnya, tidak perlu dibersihkan karena telinga dapat membersihkan dirinya sendiri.

Baca juga: Kotoran Telinga Tersumbat, Kenali Gejala, Penyebab hingga Penanganannya

Namun, jika terlalu banyak kotoran di dalam telinga hingga menimbulkan gejala yang tidak nyaman, segera periksakan ke dokter.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kondisi tersebut bisa jadi impaksi serumen. Gejala impaksi serumen meliputi sakit telinga, telinga terasa penuh, kehilangan pendengaran sebagian, telinga berdenging, gatal, serta keluar cairan dan bau dari telinga.

Meski jarang terjadi, impeksi serumen bisa saja dialami oleh siapapun. Jika mengalami salah satu gejala impeksi serumen, jangan mencoba membersihkan telinga dengan cotton bud.

Sebaiknya, langsung hubungi dokter untuk memeriksakan telinga dan mencari tahu penyebab utamanya.

Baca juga: Tinnitus Gangguan Telinga Menambah Daftar Gejala Long Covid, Apa Itu?

Di samping itu, mengunjungi dokter adalah cara yang terbaik dan paling aman untuk membersihkan telinga.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.