Kompas.com - 19/04/2021, 20:05 WIB
Induk paus sperma bersama dengan anaknya Induk paus sperma bersama dengan anaknya

KOMPAS.com - Untuk pertama kali di dunia, seekor anak paus sperma tertangkap kamera sedang menyusu pada induknya.

Seperti yang telah diketahui, salah satu ciri utama mamalia adalah ketergantungan anak pada susu induknya, tak terkecuali paus.

Namun selama ini, perilaku tersebut belum pernah terekam kamera. Dan kini sebuah tim yang tengah membuat film dokumenter berjudul Secret of the Whales berhasil merekamnya.

Baca juga: Paus Sperma Beradaptasi untuk Menghindari Pemburu, Bagaimana Caranya?

Seperti dikutip dari IFL Science, Senin (19/4/2021) bagaimana tepatnya anak-anak paus sperma dirawat telah menjadi misteri.

Induk paus sperma sendiri memiliki puting susu terbalik dengan moncong yang panjang, berisi organ spermaceti mereka.

Rekaman dokumenter yang dibuat oleh National Geographic tersebut, menunjukkan jika anak paus sperma berkelamin betina itu menggunakan rahang bawahnya untuk menyusu pada puting susu induk yang terbalik.

Tapi jangan beranggapan jika air susu milik induk paus sperma itu tak bergizi. Air susu yang disebut seperti yoghurt ini sebenarnya mengandung 10 kali konsentrasi lemak lebih banyak dibandingkan air susu manusia.

Itu mungkin ada hubungannya dengan ukuran paus sperma yang besar. Dengan panjang 4 meter, anak paus sperma akan terus bertumbuh dan memerlukan asupan makanan sebelum mereka mencapai ukuran dewasa 15,8 meter.

Baca juga: Serba Serbi Hewan, Kenapa Paus Sperma Tidur dalam Posisi Berdiri?

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X