Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Rekaman Pertama di Dunia Tunjukkan Anak Paus Sperma Menyusu pada Induknya

KOMPAS.com - Untuk pertama kali di dunia, seekor anak paus sperma tertangkap kamera sedang menyusu pada induknya.

Seperti yang telah diketahui, salah satu ciri utama mamalia adalah ketergantungan anak pada susu induknya, tak terkecuali paus.

Namun selama ini, perilaku tersebut belum pernah terekam kamera. Dan kini sebuah tim yang tengah membuat film dokumenter berjudul Secret of the Whales berhasil merekamnya.

Seperti dikutip dari IFL Science, Senin (19/4/2021) bagaimana tepatnya anak-anak paus sperma dirawat telah menjadi misteri.

Induk paus sperma sendiri memiliki puting susu terbalik dengan moncong yang panjang, berisi organ spermaceti mereka.

Rekaman dokumenter yang dibuat oleh National Geographic tersebut, menunjukkan jika anak paus sperma berkelamin betina itu menggunakan rahang bawahnya untuk menyusu pada puting susu induk yang terbalik.

Tapi jangan beranggapan jika air susu milik induk paus sperma itu tak bergizi. Air susu yang disebut seperti yoghurt ini sebenarnya mengandung 10 kali konsentrasi lemak lebih banyak dibandingkan air susu manusia.

Itu mungkin ada hubungannya dengan ukuran paus sperma yang besar. Dengan panjang 4 meter, anak paus sperma akan terus bertumbuh dan memerlukan asupan makanan sebelum mereka mencapai ukuran dewasa 15,8 meter.


Meski begitu sebelum mencapai usia dewasa, anak paus sperma tak dapat mentolerir penyelaman yang dalam sehingga induk paus sperma terkadang akan menyusui dengan membentuk kerumunan pelindung di dekat permukaan air.

Paus sperma adalah paus bergigi terbesar. Saking besarnya, membuat perilaku kawin mereka mungkin pernah membuat kapal pelaut percaya, bahwa mereka sedang menghadapi mahluk laut yang menakutkan.

Pada tahun 1875, para pelaut di atas kapal dagang Pauline melihat sesuatu yang disebut sebagai ular laut yang digambarkan seperti pilar keputih-putihan.

Beberapa orang kemudian berpendapat, bahwa penampakan yang disebut sebagai ular laut itu sebenarnya hanyalah paus yang sedang ereksi.

Film dokumenter Secret of the Whales ini akan tayang mulai 22 April. Serial ini menjanjikan rekaman pertama di dunia termasuk vokalisasi, mode komunikasi yang tak biasa, adopsi di antara paus, termasuk juga anak paus yang tengah menyusu itu.

https://www.kompas.com/sains/read/2021/04/19/200500523/rekaman-pertama-di-dunia-tunjukkan-anak-paus-sperma-menyusu-pada-induknya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke