Kompas.com - 19/04/2021, 16:01 WIB
Ilustrasi masker melindungi saat batuk dan mencegah penularan virus corona. ShutterstockIlustrasi masker melindungi saat batuk dan mencegah penularan virus corona.

KOMPAS.com - Selain soal sopan santun, menutup mulut saat batuk membantu mengurangi penyebaran kuman dan virus.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) mengatakan, bahwa mempraktikan etiket batuk dapat membantu mencegah penyebaran penyakit, termasuk influenza, virus pernapasan syncytial (RSV), batuk rejan, dan virus corona penyebab Covid-19.

Apalagi, virus corona dan beberapa infeksi lain memang menyebar melalui tetesan air mikroskopis yang dikeluarkan dari orang yang terinfeksi, biasanya melalui batuk, bersin, dan kontak tangan ke mulut.

Baca juga: Antibiotik Bukan untuk Semua Penyakit, apalagi Batuk Pilek dan Diare

Saat ini kita juga masih terjebak dalam pandemi Covid-19, yang mana membuat semua orang harus berhati-hati untuk menjaga diri dan melindungi orang lain dari penyebaran virus corona.

1. Memakai masker

Jika Anda merasa tidak enak badan, hal terpenting yang dapat Anda lakukan adalah tetap di rumah dan menghindari membawa kuman ke kantor atau ke mana pun.

Saat Anda berada di depan umum atau sedang bersama orang lain, dan mendapati diri Anda batuk atau bersin, sangat penting bagi Anda untuk tetap mengenakan masker, termasuk saat berada di rumah.

Masker akan mengurangi laju tetesan pernapasan atau droplet Anda yang keluar ke udara terbuka dan terbang menjangkau, serta menginfeksi orang lain. Sehingga, dapat melindungi diri Anda sendiri dan orang-orang di sekitar Anda.

Saat batuk atau bersin, umumnya akan membuat masker basah dan terasa lembab, ini sebabnya Anda perlu membawa beberapa masker sebagai cadangan saat berpergian.

2. Menutup mulut dengan siku bagian dalam

Menutupi mulut dengan telapak tangan saat Anda batuk tidak disarankan. Pasalnya, saat Anda melakukan ini, kuman akan menyebar ke semua benda yang Anda sentuh, termasuk permukaan seperti gagang pintu, permukaan meja, tangan seseorang yang Anda jabat, hingga makanan yang Anda sajikan.

CDC merekomendasikan menutup mulut dengan tisu saat batuk dan segera membuang tisu ke tempat sampah.

Jika Anda tidak memiliki tisu, pilihan terbaik berikutnya adalah menutup mulut dengan bagian dalam siku saat batuk. Menurut ahli, praktik ini secara dramatis menurunkan kemungkinan Anda menyebarkan kuman dan virus.

Selain itu, penting untuk menjauhkan mulut Anda dari hadapan orang lain saat batuk atau bersin.

Baca juga: Cara Mengatasi Batuk dan Pilek pada Bayi

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X