Kompas.com - 12/03/2021, 12:02 WIB

KOMPAS.com - Vaksin yang diproduksi Novavax menjadi salah satu yang akan digunakan Indonesia untuk vaksin mandiri atau vaksin gotong royong.

Laporan terbaru uji klinis vaksin Novavax di Inggris menunjukkan, vaksin Novavax Inc 96 persen efektif mencegah kasus Covid-19 yang disebabkan oleh virus corona SARS-CoV-2 versi asli.

Tidak ada kasus penyakit parah atau kematian di antara mereka yang mendapat vaksin.

Novavax optimis, vaksin juga mampu menghentikan efek lebih buruk dari varian baru yang muncul.

Baca juga: Efek Samping Vaksin pada Wanita Lebih Buruk Dibanding Pria, Kok Bisa?

Vaksin tersebut 86 persen efektif dalam melindungi tubuh dari varian baru B.1.1.7 yang lebih menular.

Sementara untuk kemampuan dalam melawan kedua versi virus corona - yang asli dan varian B.1.1.7 - tingkat keefektifan gabungan sebesar 90 persen.

Dalam uji coba yang lebih kecil yang dilakukan di Afrika Selatan - di mana relawan terutama terpajan pada varian lain yang lebih baru dan lebih menular yang beredar luas di sana dan menyebar ke seluruh dunia - vaksin Novavax 55 persen efektif dan masih dapat sepenuhnya mencegah penyakit parah.

Efektivitas suntikan dalam uji coba Afrika Selatan menurun menjadi sekitar 49 persen ketika analisis menyertakan data dari peserta HIV-positif.

Dilansir Reuters, Jumat (12/3/2021), kepala Petugas Medis Novavax Filip Dubovsky mengatakan, kinerja vaksin di Afrika Selatan menunjukkan vaksin mungkin masih bisa digunakan di daerah di mana varian Afrika Selatan B.1.351 dominan.

Novavax juga mengembangkan formulasi baru dari vaksinnya untuk melindungi dari varian yang muncul dan berencana untuk memulai uji klinis dari suntikan tersebut pada kuartal kedua tahun ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
 
Pilihan Untukmu
Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



Video Pilihan

Sumber Reuters
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.