Kompas.com - 12/03/2021, 10:30 WIB
Ilustrasi mutasi virus corona Brasil. Dalam suatu studi, ilmuwan menemukan varian baru virus corona Brasil lebih menular dan dapat meningkatkan risiko infeksi ulang Covid-19. Saat ini, varian virus P.1 itu telah muncul di Inggris. SHUTTERSTOCK/PETERSCHREIBER MEDIAIlustrasi mutasi virus corona Brasil. Dalam suatu studi, ilmuwan menemukan varian baru virus corona Brasil lebih menular dan dapat meningkatkan risiko infeksi ulang Covid-19. Saat ini, varian virus P.1 itu telah muncul di Inggris.

KOMPAS.com - Salah satu berita populer sains Kompas.com edisi Kamis, 11 Maret 2021, adalah tentang penjelasan ahli kenapa virus corona B.1.1.7 lebih mematikan.

Sebelumnya, ahli sudah mengetahui bahwa varian yang pertama kali diketahui di Inggris ini bermutasi lebih cepat menular.

Lantas, kenapa bisa lebih mematikan? Apa buktinya?

Selain varian B.1.1.7, para ilmuwan juga membawa kita ke kehidupan dinosaurus. Untuk pertama kalinya, ahli menemukan fosil dinosaurus sedang erami telurnya.

Pembahasan kenapa kita punya upil di hidung dan cara agar para pasien gagal ginjal kronik memiliki hidup berkualitas juga menjadi topik populer lainnya.

Baca juga: [POPULER SAINS] 6 Perbedaan Vaksin AstraZeneca dan Sinovac | Burung yang Hilang 170 Tahun Muncul di Kalimantan

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Berikut ulasan berita Populer Sains.

1. Varian B.1.1.7 lebih mematikan

Varian virus corona B.1.1.7 yang mutasi pertamanya ditemukan di Inggris telah menyebar ke seluruh dunia, termasuk di Indonesia, dalam sebuah studi menunjukkan bahwa varian ini lebih mematikan.

Tingkat kematian karena Covid-19 dari infeksi strain baru virus corona ini lebih tinggi.

Saat pertama kali teridentifikasi pada akhir tahun 2020, varian B.1.1.7 ini membuat pemerintah setempat menerapkan lockdown kota London, guna mencegah penyebaran mutasi virus corona baru tersebut.

Namun, ternyata strain baru dari virus corona SARS-CoV-2 asal Inggris mengalami mutasi yang membuatnya menjadi lebih menular dari strain aslinya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.