Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Update: 100 Dokter Paru Terkonfirmasi Covid-19 dan 5 Orang Meninggal

Kompas.com - 05/01/2021, 19:30 WIB
Ellyvon Pranita,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Data terbaru per tanggal 5 Januari 2021, satuan tugas (Satgas) Covid-19 dari Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI) menyebutkan 100 dokter paru terkonfirmasi positif Covid-19 dan 5 orang diantaranya meninggal dunia.

Disampaikan oleh Ketua Pengurus Pusat PDPI, Dr dr Agus Dwi Susanto SpP(K), bahwa 100 dokter terkonfirmasi positif terinfeksi Covid-19 tersebut didapatkan dari hasil tes swab (PCR).

"Ada yang masih dalam perawatan dan isolasi mandiri 10 orang. Tapi, sebagian besar sudah sembuh dan beraktivitas kembali," kata Agus kepada Kompas.com, Selasa (5/1/2021).

Baca juga: 363 Tenaga Medis Meninggal karena Covid-19, Ini 3 Saran dari IDI

Namun, data terbaru yang didapatkan dokter Agus juga menyatakan bahwa ada 2 dokter dari Solo yang mengalami re-infeksi atau terinfeksi kembali setelah sembuh dari infeksi Covid-19.

Sementara itu, dari 5 dokter paru yang telah meninggal dunia diketahui 1 berasal dari Aceh, 2 dari Medan, 1 dari Kalimantan Selatan dan 1 dokter lainnya berasal dari DKI Jakarta.

Butuh kerjasama semua pihak

Sepeti diketahui, hingga saat ini meskipun sudah memasuki bulan ke-11, pandemi Covid-19 di Indonesia tidak kunjung usai.

Bahkan, para ahli epidemiolog juga menyebutkan bahwa pandemi Covid-19 di Indonesia belum juga mencapai puncak dari gelombang satu.

Hal ini dikarenakan, angka positivity rate atau kasus kejadian setiap hari masih terus melonjak dan tidak kunjung melandai. 

"Kita itu prinsipnya dalam menghadapi pandemi ini kerjasama semua pihak, termasuk masyarakat, bukan hanya pemerintah dan rumah sakit," tegas Agus.

Sebab, menurut Agus, rumah sakit itu sebenarnya hanyalah pilar terakhir atau garda terakhir.

Baca juga: 342 Tenaga Medis Meninggal karena Covid-19, IDI: Bukan Hoaks dan Konspirasi

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com