Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pfizer dan Moderna Uji Vaksin Covid-19 pada Virus Corona Jenis Baru Inggris

Kompas.com - 22/12/2020, 17:01 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

Sumber CNN


KOMPAS.com- Di tengah keberhasilan vaksin Covid-19 yang mulai divaksinasikan di sejumlah negara, jenis baru virus corona yang ditemukan di Inggris membuat dunia kembali khawatir.

Dilansir dari CNN, Selasa (22/12/2020), Pfizer dan Moderna, kedua perusahaan vaksin yang berhasil mengembangkan vaksin Covid-19, dikabarkan sedang menguji vaksinnya terhadap virus corona jenis baru tersebut.

Uji vaksin ini dilakukan untuk melihat apakah vaksin yang dikembangkan Pfizer dan Moderna dapat bekerja melawan virus SARS-CoV-2 versi mutasi baru dari yang ditemukan di Inggris dan negara lain.

"Berdasarkan data saat ini, kami berharap kekebalan yang diinduksikan vaksin Moderna akan melindungi terhadap varian-varian baru virus yang baru-baru ini ditemukan di Inggris," menurut pernyataan Moderna.

Baca juga: Varian Baru Mutasi Virus Corona Ditemukan di Inggris, Apa Kata Ahli?

 

Dalam pernyataan tersebut Moderna juga mengungkapkan bahwa akan melakukan tes tambahan atau uji vaksin terhadap virus corona jenis baru tersebut dalam beberapa minggu mendatang untuk memastikan potensi perlindungan pada varian baru SARS-CoV-2.

Sementara itu, Pfizer mengatakan sekarang ini menghasilkan data tentang seberapa baik sampel darah dari orang-orang yang diimunisasi dengan vaksinnya, yang disebut mungkin dapat menetralkan strain virus baru dari Inggris.

Sebelumnya, virus corona baru telah bermutasi dan kedua perusahaan pengembang vaksin tersebut mengatakan mereka telah menemukan bahwa vaksin mereka dapat bekerja melawan variasi virus lainnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com