Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menggoreng dengan Air Fryer Lebih Sehat, Benarkah?

Kompas.com - 18/12/2020, 11:05 WIB
Bestari Kumala Dewi

Penulis

KOMPAS.com - Kentang goreng dan ayam goreng selalu menjadi favorit hampir semua orang. Sayangnya, berbagai penelitian telah menunjukkan, penggunaan minyak untuk menggoreng dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti penyakit jantung, diabetes tipe 2, dan kanker.

Untuk menghindari risiko tersebut, alat menggoreng air fryer menjadi pilihan. Alat ini mengalirkan panas pada suhu tinggi untuk menggoreng atau memanggang tanpa menggunakan minyak.

Hasilnya, makanan memiliki warna dan kadar air yang sama dengan makanan yang digoreng dengan minyak, meski tekstur dan rasanya sedikit berbeda.

Baca juga: Makan Kentang Goreng Tiap Hari, Seorang Remaja Pria Alami Kebutaan

Ini karena, saat menggoreng makanan dengan minyak, adonan akan menyerap minyak yang digunakan untuk memasaknya. Sehingga membuat makanan yang digoreng renyah dan tetap lembap di bagian dalam.

Sedangkan makanan yang digoreng dengan air fryer, meski renyah, terasa lebih kering di mulut karena tak menggunakan minyak.

Namun, benarkah menggoreng dengan air fryer lebih sehat ketimbang menggoreng biasa dengan minyak?

Menurut ahli gizi terdaftar Ariana Cucuzza, RD, alasan utama orang menyukai menggoreng dengan air fryer adalah, secara signifikan mengurangi asupan kalori secara keseluruhan.

Faktanya, kata Cucuzza, kebanyakan orang mengurangi asupan kalori mereka rata-rata 70% hingga 80% saat mengolah makanan menggunakan air fryer.

Melansir WebMD, metode memasak air fryer juga dapat mengurangi beberapa efek berbahaya lainnya dari menggoreng dengan minyak.

Reaksi yang terjadi saat Anda menggoreng kentang atau makanan bertepung lainnya akan menghasilkan bahan kimia akrilamida, yang menurut penelitian zat tersebut terkait dengan kemungkinan lebih besar terkena kanker.

Satu studi menunjukkan, bahwa menggoreng dengan air fryer menurunkan jumlah akrilamida dalam kentang goreng hingga 90%.

Air fryer juga hemat waktu. Anda bisa memanggang dada ayam lebih cepat di dalam air fryer daripada di oven, dan untuk membersihkannya juga lebih mudah,” katanya.

“Manfaat lainnya, jika Anda memiliki anak-anak yang pemilih dalam makan sayuran, air fryer bisa dipakai untuk mengolah sayuran dan membuatnya lebih enak,” lanjut Cucuzza.

Baca juga: Berapa Jumlah Kalori dalam Sepiring Nasi Goreng? Sains Jelaskan

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com