Berapa Jumlah Kalori dalam Sepiring Nasi Goreng? Sains Jelaskan

Kompas.com - 12/05/2020, 03:39 WIB
Nasi Goreng kambing di Nasi Goreng Kebon Sirih dok. Nasi Goreng Kebon SirihNasi Goreng kambing di Nasi Goreng Kebon Sirih

KOMPAS.com - Pada 2017 lalu, nasi goreng dinobatkan sebagai makanan terenak kedua di dunia setelah rendang yang juga berasal dari Indonesia.

Makanan yang satu ini memang nikmat, tapi tahukah Anda berapa jumlah kalori nasi goreng?

Mengetahui jumlah kalori nasi goreng diperlukan, bukan hanya agar Anda tidak kelebihan berat badan saat mengonsumsinya.

Lebih dari itu, asupan kalori sangat penting agar Anda tetap sehat dan bugar serta terhindar dari berbagai macam penyakit.

Baca juga: Banyak Disukai, Berapa Kalori dalam Sepotong Paha Atas Ayam?

Jumlah kalori nasi goreng

Untuk menjawab pertanyaan ini memang tidak mudah karena bahan pembuat nasi goreng bisa bermacam-macam yang tentu akan memengaruhi jumlah nutrisi dan kalori di dalamnya.

Namun, pada dasarnya nasi goreng dibuat dari nasi putih yang dicampur kecap, garam, dan bumbu aromatik seperti bawang merah dan bawang putih, kemudian digoreng dengan minyak sayur.

Menurut catatan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, rata-rata kalori nasi goreng yang dimakan orang Indonesia mengandung 267 kalori per porsi.

Jika Anda menambahkan sumber protein lain, maka kandungan kalorinya bisa bertambah.

Berikut daftar lauk-pauk yang kerap disandingkan dengan nasi goreng beserta perkiraan jumlah kalorinya per seporsi penyajian:

  • Ati ayam goreng: 98 kalori
  • Telur mata sapi: 40 kalori
  • Telur dadar: 188 kalori
  • Udang besar goreng: 68,25 kalori
  • Dada ayam goreng: 218 kalori
  • Ikan asin: 290 kalori

Jumlah kalori nasi goreng di atas belum termasuk bahan makanan lain yang mungkin Anda tambahkan pada nasi goreng, seperti kerupuk atau acar.

Meski kedua bahan makanan ini tidak memiliki kalori yang signifikan, Anda sebaiknya tidak berlebihan dalam mengonsumsi nasi goreng dan pelengkapnya.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Sumber
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X