Dampak Kelebihan atau Kekurangan Berat Badan Selama Hamil

Kompas.com - 16/11/2020, 10:02 WIB
Ilustrasi ibu hamil menimbang berat badan untuk mengontrol bobot tubuh. SHUTTERSTOCK/Elena NichizhenovaIlustrasi ibu hamil menimbang berat badan untuk mengontrol bobot tubuh.

KOMPAS.com - Ketika seseorang hamil, porsi makanan bukan untuk dua orang. Namun harus disesuaikan dengan kebutuhan.

Menurut Alexandra Stockwell yang sudah berpengalaman dalam pengobatan keluarga lebih dari satu dekade, berat badan ideal saat hamil sebenarnya ditentukan oleh ukuran dan bentuk tubuh sebelum hamil.

"Secara umum, wanita hamil diharapkan berat badannya naik 2 sampai 4 pon (0,9-1,81 kilogram) pada trimester pertama dan sekitar setengah kilogram setiap minggunya," kata Stockwel.

Selama kehamilan, biasanya total kenaikan berat badan ibu hamil adalah 11 sampai 16 kilogram.

Baca juga: Berapa Berat Badan Ideal untuk Ibu Hamil? Ini Kata Dokter

Nah, untuk perempuan yang berat badannya kurang - diukur dengan infeks massa tubuh (IBM) - sebelum hamil, berat badannya diharapkan naik 11 sampai 18 kilogram.

Sementara perempuan yang sudah kelebihan berat badan sebelum hamil, bobotnya diharapkan naik 6 sampai 11 kilogram.

Untuk ibu hamil yang mengandung anak kembar, jumlah berat badan yang naik tidak boleh berlipat ganda. Namun ada peningkatan sekitar 16,8 sampai 24,5 kilogram. Dengan catatatan, sebelum hamil indeks massa tubuh normal.

Dampak kelebihan dan kekurangan berat badan selama hamil

Kelebihan berat badan selama hamil

Dilansir The Insider, Sabtu (14/11/2020), penambahan berat badan yang terlalu banyak dan terlalu cepat selama hamil, yakni lebih dari 1 pon (454 gram) dalam seminggu, bisa memicu diabetes gestasional.

Diabetes gestasional adalah kenaikan berat badan berlebih selama hamil dan bisa menyebabkan masalah kesehatan seperti makrosomia janin atau sulitnya persalinan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X