Kompas.com - 15/11/2020, 19:04 WIB


KOMPAS.com- Menyusul kondisi fase bulan baru yang juga hadir hari ini, Minggu (15/11/2020), fenomena konjungsi atau kesejajaran antar tiga benda langit juga akan terjadi mulai malam ini.

Fenomena tersebut adalah konjungsi atau kesejajaran Merkurius-Venus dan Spica.

Setelah mengalami kuratet dengan Bulan selama tiga hari berturut-turut, Spica, bintang paling terang di konstelasi Virgo akan kembali mengalami tripel konjungsi dengan Venus dan Merkurius.

Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) dalam keterangan resminya menyebutkan bahwa tripel konjungsi Merkurius-Venus-Spica ini, akan berlangsung selama lima hari yaitu sejak tanggal 15 sampai 20 November 2020.

Baca juga: 3 Fenomena Langit Sebabkan Merkurius Tampak Lebih Terang Saat Fajar

 

Pada hari ketiga yaitu tanggal 17 November nanti merupakan puncak dari konjungsi Venus dan Spica.

Pada puncaknya ini, sudut pisah keduanya yaitu 3,8 derajat sebelum akhirnya Spica menjauh dari Venus dan semakin menjauh pula dari Merkurius.

Jika Anda ingin mengamati konjungsi antar ketiga benda langit ini, Anda dapat mengamatinya sejak pukul 04.45 WIB dari arah Timur-Menenggara.

Peneliti dari Pusat Sains dan Antariksa (Pussainsa) Lapan, Andi Pangurang mengatakan, penampakan magnitudo Venus bervariasi antara -394 hingga -3,93 dan jaraknya adalah 201 juta kilometer hingga 205 juta kilometer dari Bumi.

Baca juga: Mengapa Terkadang Merkurius dan Venus Bisa Disaksikan Pagi atau Sore Hari?

 

"Sedangkan, magnitudo Spica relatif konstan di angka +0,95. Spica sendiri berjarak 249,75 tahun cahaya atau sekitar 250 triliun km dari Bumi, sehingga konjungsi kali ini adalah konjungsi secara visual," jelas Andi.

Adanya fenomena triple konjungsi Merkurius-Venus-Spica ini jugalah menjadi salah satu penyebab planet Merkurius penampakannya menjadi lebih terang sepanjang periode bulan November 2020 ini. 

Tentunya, pengamatan bisa berjalan dengan baik jika cuaca cerah, wilayah tempat Anda melakukan pengamatan bebas dari polusi cahaya dan penghalang yang dapat menghalangi medan pandang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.