Kompas.com - 10/11/2020, 20:30 WIB
Asteroid Psyche bernilai 10 juta triliun dolar. NASA siapkan misi untuk mempelajari asteroid yang berada di sabuk asteroid antara planet Mars dan Jupiter ini, yang diduga menyimpan sejarah penting pembentukan planet awal tata surya. NASAAsteroid Psyche bernilai 10 juta triliun dolar. NASA siapkan misi untuk mempelajari asteroid yang berada di sabuk asteroid antara planet Mars dan Jupiter ini, yang diduga menyimpan sejarah penting pembentukan planet awal tata surya.


KOMPAS.com - Teleskop Hubble berhasil menangkap penampakan dari sebuah asteroid yang sebagian besar terbuat dari besi dan nikel.

Menariknya pula, peneliti juga memperkirakan bahwa asteroid tersebut bernilai hingga 10.000 kuadriliun dollar AS atau setara dengan 10 juta triliun dollar AS. Sebuah angka yang fantastis bukan?

Seperti dikutip dari CNN, Senin (9/11/2020), asteroid yang disebut dengan 16 Psyche ini terletak di sabuk asteroid di antara Mars dan Jupiter. Asteroid memiliki diameter 225 km.

Ilmuwan percaya bahwa Psyche merupakan inti logam dari planet awal yang kehilangan mantel dan kerak karena tabrakan yang mungkin terjadi saat pembentukan tata surya.

Baca juga: Ahli: Asteroid 2020 TY1 Lewat Dekat Bumi, Tak Berpotensi Tabrakan

 

Dengan mempelajarinya, dapat membantu peneliti untuk memahami masa-masa awal sejarah tata surya kita, termasuk juga mempelajari inti planet Bumi.

Namun, sementara ini, pengamatan yang dilakukan melalui Teleskop Hubble telah memberikan sedikit gambaran mengenai asteroid dan mampu menangkap kedua sisi Psyche.

Untuk mempelajari lebih detail lagi, pada tahun 2022, Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) berencana mengirimkan pesawat luar angkasa tak berawak ke asteroid Psyche untuk mempelajarinya lebih dekat dan menentukan komposisinya.

Misalnya, apakah asteroid mengandung sulfur, kalium, atau fasa logam lain.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber CNN
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.