Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ilmuwan Temukan Asteroid antara Mars-Jupiter Bernilai 10 Juta Triliun Dollar AS

Kompas.com - 10/11/2020, 20:30 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

Sumber CNN

KOMPAS.com - Teleskop Hubble berhasil menangkap penampakan dari sebuah asteroid yang sebagian besar terbuat dari besi dan nikel.

Menariknya pula, peneliti juga memperkirakan bahwa asteroid tersebut bernilai hingga 10.000 kuadriliun dollar AS atau setara dengan 10 juta triliun dollar AS. Sebuah angka yang fantastis bukan?

Seperti dikutip dari CNN, Senin (9/11/2020), asteroid yang disebut dengan 16 Psyche ini terletak di sabuk asteroid di antara Mars dan Jupiter. Asteroid memiliki diameter 225 km.

Ilmuwan percaya bahwa Psyche merupakan inti logam dari planet awal yang kehilangan mantel dan kerak karena tabrakan yang mungkin terjadi saat pembentukan tata surya.

Baca juga: Ahli: Asteroid 2020 TY1 Lewat Dekat Bumi, Tak Berpotensi Tabrakan

 

Dengan mempelajarinya, dapat membantu peneliti untuk memahami masa-masa awal sejarah tata surya kita, termasuk juga mempelajari inti planet Bumi.

Namun, sementara ini, pengamatan yang dilakukan melalui Teleskop Hubble telah memberikan sedikit gambaran mengenai asteroid dan mampu menangkap kedua sisi Psyche.

Untuk mempelajari lebih detail lagi, pada tahun 2022, Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) berencana mengirimkan pesawat luar angkasa tak berawak ke asteroid Psyche untuk mempelajarinya lebih dekat dan menentukan komposisinya.

Misalnya, apakah asteroid mengandung sulfur, kalium, atau fasa logam lain.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com